Pemanfaatan Fasyankes Mampu Tingkatkan Angka Harapan Hidup Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu- Fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) diharapkan mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Hal tersebut guna mendukung peningkatan harapan hidup Kalimantan Selatan yang baru mencapai 68,83 persen.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan sosialisasi perda Nomor 8 Tahun 2012 tentang pola tarif layanan pada Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum yang diadakan anggota DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Capaian angka harapan hidup harus terus mengalami peningkatan,” ucapnya.

Selain memaksimalkan hak mendapat layanan kesehatan sesuai amanat Undang-Undang dari negara tentu perda tersebut telah memiliki turunan lainnya yaitu Peraturan Gubernur (Pergub).

“Sehingga implementasinya berjalan baik. Pemberlakuan kebijakan tarifnya itu kepala daerah yang mengatur sedangkan Perdanya kami dari DPRD di Provinsi Kalsel,” bebernya.

BACA JUGA:  DPRD HSS Dukung e-Marketplace SiOpen UKPBJ

Kendati begitu, ia menegaskan selain RSUD Ulin dan RSUD Muhammad Ansari Saleh (MAS) Banjarmasin yang memiliki layanan umum, fasilitas seperti yang dimiliki Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum tidal kalah lengkap.

“Agar usia harapan hidup di Kalsel mampu mengalami penambahan secara positif setiap tahunnya masyarakat juga bisa memaksimalkan layanan yang dimiliki,” ungkapnya.

L

Pos terkait