Maksimalkan Peran Kostratani, Kementan Bekali Petani Milenial Kubu Raya Pengetahuan

Wartaniaga.com, Kubu Raya – Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian Pertanian.

Kostratani merupakan langkah untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, jaminan mutu, serta kontinyuitas produk pertanian. Semua itu demi mencapai tujuan pembangunan pertanian secara umum. Yakni terpenuhinya kebutuhan pangan nasional dan menjaga ketersediaannya, meningkatkan kesejahteraan petani, serta meningkatkan ekspor produk pertanian.

Basis penyelenggaraan Kostratani saat ini ada di balai penyuluhan pertanian (BPP) kecamatan. Kebijakan itu sebagaimana ditegaskan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang bertekad membangun pertanian dari kecamatan. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran BPP yang ada di kecamatan.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyatakan, kualitas penyuluh pertanian di BPP menjadi titik tolak keberhasilan pembangunan pertanian.

“Penyuluh pertanian harus melek teknologi dan terus mengasah kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan. Juga harus mampu mengubah sikap petani,” tegasnya.

Dedi mengibaratkan penyuluh pertanian adalah otak petani. Sehingga apa yang dikerjakan oleh petani tak akan jauh dari informasi yang disampaikan oleh penyuluh.

Pos terkait

banner 468x60