Bahas Pengembangan Wisata, Husairi Temui Menteri Parekraf

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta – Bertempat di Balairung Soesila Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dilaksanakan audiensi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel) dan 13 Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalsel dengan Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno, Rabu (18/5)

Audiensi tersebut dalam rangka meningkatkan arus kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara sebagai bagian percepatan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, pengembangan, peningkatan daya saing dan nilai jual daya tarik wisata di Kalsel.

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor mengatakan pembangunan di Kalsel tahun 2021-2026 mengusung visi KALSEL MAJU, MAJU berarti Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan sebagai gerbang Ibukota Negara.

” Dalam hal ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi bagian sangat penting yang terus kita tingkatkan dan kembangkan demi kemajuan dan kemakmuran rakyat dan Banua Kalsel,” papar Paman Birin saap akrab Gubernur Kalael ini.

BACA JUGA:  Terinspirasi Surah Al Anbiya, AMSI Gelar AMSI Challenge 2021

Di antara destinasi wisata prioritas di Kalimantan Selatan, Wisata Religi seperti Makam Abah Guru Sekumpul dan Datu Kalampayan di Kabupaten Banjar, Kawasan Wisata Alam dan Budaya seperti pasar terapung Lok Baintan, Wisata Alam Buatan seperti Pulau Bakut, Jembatan Barito, Kerbau Rawa dan Wisata Alam geopark seperti pegunungan Meratus

Adapun ekonomi kreatif yang ada di Kalsel diantaranya Kain Sasirangan, kerajinan dari purun dan eceng gondok, dan kerajinan batu permata.

Paman Birin memohon dukungan Kemenparekraf RI untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif forum audiensi ini.

Pelaksana Tugas Bupati Hulu Sungai Utara H. Husairi Abdi, Lc dalam pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyampaikan Kabupaten HSU memiliki daerah yang lebih didominasi oleh lahan rawa, namun disana juga tak kalah dengan daerah lain yang memiliki keunikan alam, yakni keindahan Pulau Sambujur yang terletak di Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara

BACA JUGA:  Awas !, Beredar Sertifikat UKW Palsu

Saat ini objek wisata itu mulai dikembangkan dan Husairi berharap melalui Kemenparekraf bisa memberikan solusi terbaik untuk wisata alam yang ada di Kabupaten HSU ini bisa lebih dikembangkan lagi.

“Masih banyak yang harus dibenahi sektor pariwisata HSU seperti akses untuk menuju lokasi wisata tersebut, pengembangan fasilitas pelengkap yang ada di tempat wisata sehingga lebih lengkap dan pengunjung merasa nyaman, atau investor yang siap mendukung sektor wisata di HSU” ungkapnya

Husairi juga memaparkan masih banyak lagi wisata unggulan yang ada di HSU seperti wisata religi Makam Datu Amut, Makam Syech Sulaiman, Mesjid Raya Agung At-Taqwa Amuntai, ada juga wisata pasar kerajinan yang di HSU yang dibuka setiap hari Kamis, wisata alam buatan seperti Kerbau Rawa dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  UTA 45 Jakarta Peduli Covid 19 dengan Program   Pengabdian Masyarakat

Dengan adanya audiens ini Husairi berharap Kemenparekraf bisa mengajak para investor untuk berkunjung ke HSU bisa dengan kita adakan event-event untuk kita mengenalkan pesona keindahan yang ada di Kabupaten HSU ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengapresiasi dan siap mendukung keanekaragaman pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikembangkan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saat ini Kalimantan Selatan masih transisi dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif, untuk itu kami siap mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Selatan” ujar Menparekraf

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Hani

L

Pos terkait