Kelola Keuangan Dikala Ramadhan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Bulan suci Ramadan menjadi momen bagi ummat Islam untuk meningkatkan ibadah. Selain berpuasa dan tarawih, bulan ini biasanya digunakan juga untuk mempererat tali silaturahim.

Buka puasa bersama atau istilahnya Bukber menjadi salah satu sarana masyarakat Indonesia untuk menjalin tali silaturahim di bulan Ramadhan. Hingga tak sedikit orang yang hampir setiap harinya bukber baik bersama teman, keluarga, menjadi sarana reuni kawan sekolah dan lainnya.

Kondisi ini justru mengeluarkan anggran yang tak terduga, pada akhirnya pengeluaran makin membengkak di bulan Ramadan.

Bukan itu saja Nah, karena tidak bisa menahan nafsu mata yang hingga membeli makanan secara berlebihan dan berujung mubazir dan membeli berbagai keinginan lainnya.

BACA JUGA:  Pertamina Temukan Sumber Gas dan Minyak Baru di Jambi

Apakah anda termasuk diantaranya ? Jika demikian simak tips kelola keuangan dikala Ramadhan yang kami kutip dari situs milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sikapi Uangmu

1. Buat rencana keuangan
Rencana adalah langkah mudah dan hal paling awal yang harus kamu lakukan jika ingin mencapai sebuah tujuan. Jika tujuanmu untuk mengelola keuangan dengan baik dan bijak selama bulan Ramadhan, maka buat rencana berupa daftar prioritas apa saja yang akan kamu butuhkan dari jauh-jauh hari. Tentukan anggaran pengeluaran untuk makan sahur dan berbuka, cicilan, listrik, kebutuhan pokok lainnya hingga dana darurat yang sesuai dengan kantong Sobat. Jangan lupa juga untuk senantiasa menyisihkan uang untuk bersedekah karena ini bulan yang baik.

Pos terkait