Rumah Produksi Tas Dhia Menggunakan Tekhnologi Ecoprint yang Ramah Lingkungan

  • Whatsapp
Kadis Perdagangan Kalsel, Drs H Birhasani saat memperlihatkan kain produksi Dian Rahmawati

Wartaniaga.com, Barabai – Jika sebagian besar produk handycraf masih menggunakan bahan pewarna buatan yang seringkali tidak ramah terhadap lingkungan. Maka berbeda dengan tas buatan, Dian Rianawati warga Barabai kabupaten Hulu Sungai Tengah ( HST) ini.

Mencoba peruntungannya mempeoduksi tas buatan tangannya dengan menggunakan teknologi ecoprint berbahan ramah lingkungan. Dian ternyata sukses meraup omset jutaan rupiah perbulan dari tas di beri merk Dhia tersebut.

Diproduksi dengan tekhnologi ecoprint, tas berbahan dasar kulit asli, kulit sintetis maupun dengan bahan kombinasi keduanya ternyata mampu menembus pasar nasional.

Merek tersebut sekaligus sebagai nama Toko atau Galerinya yang beralamat di Pasar Barabai III.

Bukan itu saja, Dian berinovasi dengan produk bernahan kain untuk baju wanita maupun pria yang juga diolah melalui proses ecoprint dan sangat indah, tidak kalah dibandingkan dengan batik nasional.

BACA JUGA:  6 Keuntungan Memiliki Bisnis Online

Produk- produk tersebut sekarang ini dijual melalui pasar offline melayani pembelian secara online, tidak hanya melayani pemesanan daerah kabupaten HST dan Kalsel tetapi seluruh Indonesia.

“Usaha kerajinan membuat tas handmade ini berawal dari hobi dan sekarang menjadi peluang bisnis yang secara tidak terduga banyak peminatnya,terutama saat ini menggunakan teknik ecoprint dengan pewarna alami berbahan dedaunan dan bunga sekitar,”jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa untuk proses produksi menggunakan bahan dan peralatan sederhana seperti panci,kompor dan selang untuk menggulung. Produk ini selain dijadikan tas bisa di buat baju ,mukena, pajangan, dekorasi dan lain-lain.

Dari proses tersebut , jelas produk Ecoprint dari Dian ini sangat ramah lingkungan, terhindar dari penggunaan bahan kimia yang bisa mencemari lingkungan.

BACA JUGA:  Di Masa Pandemi, Omset JNE Tumbuh Hingga 25 Persen

Saat bertandang ke Barabai, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Drs Birhasani Msi berkesempatan untuk mampir di Galery Dhia ini.

L

Pos terkait