DPRD HSS Tetapkan Perda Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pajak Daerah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Dua Rancangan peraturan daerah (Raperda) ditetapkan Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi Peraturan daerah (Perda) pada rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD kabupaten HSS ,Rabu (15/12).

Rapat paripurna DPRD HSS dengan anggenda mendengarkan pendapat akhir fraksi di Pimpin langsung oleh Wakil ketua II H.Muhammad Kusasi, yang turut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Dua raperda yang ditetapkan menjadi perda tersebut, yakni pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, dan pajak daerah.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad mengatakan pandangan yang disampaikan fraksi-fraksi terdapat dua buah perda yang telah ditetapkan, akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang.

BACA JUGA:  Bunda Sri Minta Administrasi dan Program TP PKK Kecamatan Dikelola dengan Baik

“Penetapan Perda pengelolaan sampah rumah tangga dan segala jenis sampah rumah tangga dan pajak daerah merupakan wujud Sinergisitas antara eksekutif dan legislatif” ucapnya.

Menurutnya, melalui penetapan perda tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, dan pajak daerah diharapkan dapat menjadi landasan hukum sekaligus pedoman, dalam pelaksanaan pemerintahan agar berjalan dengan baik.

“Perda tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, merupakan salah satu upaya bersama untuk mengatasi persoalan sampah” jelas Wabup.

Melalui dua perda ini lanjutnya menjadi  kepastian hukum serta kejelasan tanggung jawab dan kewenangan serta peran masyarakat dan dunia usaha terkait persoalan sampah. Dan perda pajak daerah, diharapkan dapat menjadi langkah peningkatan pendapatan daerah serta kemandirian daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  Kak Choe Kembali Nahkodai Kwarcab Gerakan Pramuka HSS

Reporter : Amutz
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait