Pemkot Banjarmasin Gelar Sholat Hajat di Harjad 495

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melaksanakan Shalat Hajat serta Syukuran dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasim yang ke 495 tahun yang dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Kamis (23/9) malam.

Hari Jadi Kota Banjarmasin kali ini menggambil tema Kayuh Baimbai untuk Mewujudkan Banjarmasin Barasih wan Nyaman dan Lebih Bemartabat. Dan Imam Shalat Hajat di pimpin oleh Habib Ali Khaidir Al Kaf sekaligus menjadi penceramah..

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sian mengatakan malam hari ini pihaknya merayakan syukuran atas genap 495 tahun usia Kota Banjarmasin.

“Hari ini 24 September 1526 bertepatan dengan 6 Dzulhijjah 932 Hijriah atau 495 tahun yang lalu yang disepakati oleh Pemerintah Kota dan Dewan untuk dijadikan sebagai awal mula lahirnya Kota Banjarmasin,” paparnya.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Jalan Masuk Kabupaten HSU Dibatasi

Ia juga mengungkapkan dari tepian sungai Barito Muara Kuin dengan di Islamkannya Pangeran Samudra setelah kemenangan dengan Raden Tumenggung Paman beliau adu tanding di Belanda kemudian di tengah sungai Barito yang diserahkan lah kekuasaan di Kota Banjarmasin atas kesepakatan Pati Masih, Pati Bali, Pati Balitung untuk dijadikan sebagai pusat Pemerintahan Kesultanan baru yang terlepas dari kerajaan Daha.

“Dan masuk Islamnya Pangeran Samudra kemudian diberi gelar Sultan Suriansyah inilah yang dijadikan kesepakatan bahwa sebagai awal mulanya Banjarmasin,” ucapnya.

Lanjutnya, Ibnu mengucapkan selamat Hari Jadi Kota Banjarmasin yang 495 tahun 2021, dan dirinya jua mengajak seluruh jajaran untuk tetap semangat, perteguh komitmen untuk menuntaskan Visi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bemartabat yaitu Barasih wan Nyaman.

BACA JUGA:  Regulasi Pilkada, Dewan Kalsel Inginkan ada Aturan tentang Kesehatan Paslon Pilkada

“Sesuai dengan tema Kayuh Baimbai Wujudkan Banjarmasin Baiman, Barasih wan Nyaman dan Lebih Bermartabat, insyaallah,” harap Walikota.

Selain Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, hadir pada kegiatan ini juga Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Plh Sekdako Banjarmasin, Sugito Siad, Ketua MUI Kota Banjarmasin, Murjani Sani, Plt Direktur RS Sultan Suriansyah, dr Syaukani, Forkopimda, Kepala SKPD, serta Camat se Kota Banjarmasin.

Editor : Edhy Dharmawan

L

Pos terkait