Kelilingi Tiga Pulau Anggota IMI Kalsel Promosikan Wisata Daerah dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Melakukan perjalanan darat menggunakan mobil BMW menuju Sulawesi Selatan hingga Merauke (Papua) menjadi rute yang akan ditempuh Ruslan dan co-driver Alvy Yanoor.

Kegiatan bertajuk Single Adventouring Trisakti 2021 ini dilepas langsung Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel Ir Edy Sudarmadi.

Acara pelepasan diselingi dengan pemotongan tumpeng juga dihadiri Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, Dinas Pariwisata Kalsel, Ketua Indonesia Offroad Federation (IOF) Kalsel Hariadi, anggota IMI Kalsel, serta klub motor dan mobil anggota IMI Kalsel di Sekretariat IMI Kalsel Kota Banjarbaru, Sabtu (11/9/2021).

Dengan menggunakan mobil BMW tahun 1996 (seri 323i) Ruslan anggota BMW Classic Register, IOF Kalsel dan Ketua Komisi Olahraga Mobil Racing IMI Kalsel ini, akan melakukan perjalanan dari Kota Banjarbaru, menuju Batulicin (Kalimantan Selatan) sebagai titik penyeberangan menuju Kota Makasar (Sulawesi Selatan) berlanjut ke Mamuju-Palu-Manado-Gorontalo-Poso-Kendari-Makasar hingga Marauke (Papua).

BACA JUGA:  Soal Anak Lompat Kelotok, Disbudpar Akan Kordinasi Dengan Polairud

Dijadwalkan usai menyaksikan kegiatan balap motor PON XX 2021 Papua untuk mendukung atlet balap motor Kalsel, baru kembali lewat Surabaya-Banjarmasin dengan prakiraan kembali ke Banjarbaru Kalsel akhir Oktober 2021.

“Ruslan yang juga menjabat Ketua Komisi Olahraga Mobil Racing IMI Kalsel dalam perjalanannya ini membawa nama Kalsel untuk keliling Sulsel, Papua, dan Surabaya. Semoga opsesi ini terus belanjut dalam mempromosikan pariwisata daerah,” ungkap Ketua IMI Kalsel Edy Sudarmadi.

Perjalanan yang ditempuh, lanjutnya, sebuah tantangan yang luar biasa dalam touring dengan satu mobil.

“Yang perlu diperhatikan, tetap jaga kecepatan dan keselamatan. Tak perlu takut jalan sendirian karena rute Sulawesi cukup menarik,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut Ruslan juga mendapatkan uang saku dari Ketua IMI Kalsel Edy Sudarmadi, serta bingkisan dari Dinas Pariwisata Kalsel, IOF Kalsel, komunitas motor Gabus, dan IWAPI Kota Banjarbaru.

BACA JUGA:  Tidak Semua Kelas Iuran BPJS Harus Dinaikkan

Ketua IOF Kalsel, Hariadi mengingatkan untuk berhati-hati di jalan, menjaga kesehatan, dan pulang tidak ada kekurangan. “Saya telah menginformasikan IOF yang akan dilewatinya untuk memfasilitasi dalam perjalanan. Sekaligus pak Ruslan juga bisa menceritakan kalau Kalsel juga memiliki wisata luar biasa sehingga mereka mengunjungi Kalsel,” bebernya.

Ruslan menjelaskan, dirinya melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil BMW dari Kota Banjarbaru Kalsel, menuju Merauke juga ingin mempromosikan objek wisata yang ada di Kalsel, menyaksikan kegiatan PON Papua. Juga mendukung empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD-45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI).

“Dalam hal ini membantu pemerintah memaknai empat pilar kebangsaan,” ucapnya.

Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, seni dan budaya adalah anugrah Tuhan Yang Maha Esa. Borneo (Kalimantan), Celebes (Sulawesi) dan Papua adalah pulau besar dengan segala potensi dan kekhasannya.
Keberagaman suku, etnis, budaya dan tradisi.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Kalsel Dr. Safrizal Gelar Rakor Bahas Pemulihan Pasca Banjir

“Semua itu adalah asset potensial dalam Bhineka Tunggal Ika untuk menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Maju,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan touring, sudah memulai sejak dua tahun lalu. Selama itu, pernah menjadi duta bendera ke Sabang sampai Jakarta pada Agustus 2020. Kemudian Desember 2020 melakukan touring dari Jakarta, Lombok dan Sumbawa.

“Untuk touring kali ini, target saya bisa menyaksikan pertandingan cabang balap motor PON di Marauke. Sekaligus menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Marauke tepat di titik nol kilometer Marauke,” tutupnya.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait