Syamsuri : UMKM Harus Kreatif dan Punya Semangat di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan ( HSS), Syamsuri Arsyad meminta pelaku UMKM lebih kreatif dan memiliki semangat bertahan di masa pandemi sekarang ini.

Hal ini diungkapkannya di hadapan para pelaku UMKM di Kabupaten HSS pada Kegiatan Klinik koprasi dan UMKM yang dilaksanakan Disnakerkop-UKP , Kamis (5/8).

Di tahun ke -2 pelaksanaannya Klinik Koperasi dan UMKM yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnakerkop-UKP) Bertujuan dalam memberikan Pelayanan Pendampingan dalam hal bidang kualitas produksi, bidang ekonomi, bidang perizinan produk, bidang permodalan dan bidang koperasi.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengatakan kepada pelaku UMKM yang hadir, dirinya hadir untuk memberikan semangat dan motivasi, sekaligus menujukkan perhatian pemkab HSS yang ada di tengah -tengah UMKM.

BACA JUGA:  Karyawan Indocement Plant Tarjun Ikut Program Vaksinasi Gotong Royong

“Menghadapi Pandemi Covid-19 ini kita harus lebih kreatif dan punya semangat untuk bertahan, banyak pelaku UMKM yang gulung tikar karena usaha tak bisa berjalan, ujarnya.

Selain kreatif, Wabup Syamsuri Arsyad menekankan produk berorientasi pada standar jumlah, kualitas, harga maupun service pelayanannya. Dan yang tak kalah penting bagi pelaku UMKM adalah memperhatikan pasang pasar, proses branding dan merek serta penggunaan media sosial.

“Tidak semua UMKM pada masa pandemi ini terdampak, bahkan bila melihat pangsa pasar dan peluang pasarnya ada beberapa produk yang malah sangat laku disaat saat sekarang, Misalkan produk kesehatan atau jamu yang dapat meningkatkan imun (kekebalan tubuh)” Kata Wabup.

BACA JUGA:  Polres HSU dan Polsek Jajaran Beri Rasa Aman Warga Saat Sembahyang Tarawih Dengan Melaksanakan Patroli

Sementara itu, Kadisnakerkop-UKP Kab HSS Hendro Martono menyampaikan klinik ini merupakan inovasi dinasnya yang memberikan pelayanan pendampingan kepada pelaku UMKM di Kab HSS untuk mengembangkan bidang usaha setiap UMKM.

Untuk asistensi bidang kualitas produksi dibantu oleh TP PKK Kab HSS, Untuk Asistensi bidang permodalan kita bekerjasama dengan pihak perbankan untuk mendapatkan kemudahan pinjaman.

” Untuk Asistensi Promosi dan Distribusi kita dibantu Dinas Perdagangan, sedang Bidang Perizinan Produk dilakukan oleh Bidang Perindustrian Dinakerkop-UKP,” katanya.

Pada kegiatan ini, setiap UMKm diberi kesempatan menyampaikan problem apa yang mereka hadapi. ” Namnya juga klinik, kita coba mencarikan solusinya,” tutupnya.

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait