Wakil TP PKK Balangan Buka Pelatihan PATBM

  • Whatsapp

L

Wartaniaga.com, Paringin- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Balangan berikan pelatihan bagi kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), di aula I Bappeda Kabupaten Balangan.

“Sudah menjadi kewajiban bersama untuk melindungi, memenuhi dan mendukung hak-hak anak,” ujar Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan. Megawati Ulfah Supiani saat didaulat untuk membuka pelatihan ini..

Menurutnya, anak memiliki hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat anak, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Kegiatan diikuti oleh kader dari empat desa, desa Suryatama Kecamatan Halong, desa Tampang Kecamatan Lampihong, desa Gunung Manau Kecamatan Batumandi dan desa Gulinggang Kecamatan Juai.

BACA JUGA:  Tinjau KIE, Wabup HSS Tegur Warga yang Abaikan Prokes

Megawati Ulfah Supiani berharap dengan pelatihan ini para kader dapat membantu masyarakat, khususnya dalam perlindungan agar tidak ada lagi kekerasan terhadap anak.

Sementara itu, Kepala DP3A Kabupaten Balangan, Noor Aspariah menjelaskan tugas pokok dan fungsi para kader ini adalah menjalankan fungsi sosial. Jika di desa ada kekerasan terhadap anak, maka yang berperan melakukan pendampingan adalah kader PATMB.

“Misalnya ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka harus didampingi, dirujuk ke kepolisian.” ucapnya.
Adapun jika kekerasan yang terjadi sampai melukai fisik, Aspariah menyampaikan kader PATMB lah yang mendampingi untuk dirujuk ke Puskesmas.

Penulis : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait