Pemkab HSS Wujudkan Program Rumah Sejahtera untuk 352 Orang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Pemerintah kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) merealisasikan Program Rumah sejahtera (PRS) untuk 352 orang. Selain, PRS pemkab juga memberikan bantuan permodalan kepada masyarakat melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Sebanyak 352 orang dari 500 orang yang mengajukan menapatkan bantuan sosial tersebut. Mereka adalah masyarakat di tiga kecamatan. Yakni di tiga kecamatan ,yakni Daha Utara, Daha Selatan dan Daha barat. Bantuan sosial ini langsung diserahkan secara simbolis oleh Bupati HSS. Achmad Fikry di kantor kecamtan Daha Utara, Selasa (13/7).

Bupati mengatakanpProgram yang diterima masyarakat merupakan upaya dari pemkab dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

” ini adalah upaya pemerintah ada di tengah-tengah masyarakat, melalui berbagai program pemerintah secara bertahap mengupayakan masyarakat HSS seluruhnya memiliki rumah yang layak huni,” ujarnya didampingi Wakil Bupati HSS,Syamsuri Arsyad.

BACA JUGA:  TP PKK Balangan Bantu 3 Kelompok Habsyi

Fikry meminta para penerima PRS setelah menerima bantuan untuk bisa sesegera mungkin dapat langsung memperbaiki rumahnya,dan Bagi penerima UEP dapat langsung memanfaatkan dana yang di terima untuk mengembangkan usahanya.

“Gunakan bantuan yang diberikan untuk tambahan modal untuk mengembangkan usaha, sehingga pendapatan bertambah dan jika lebih sisihkan untuk ditabung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah menyampaikan dalam APBD murni 2021 telah diusulkan Penerima Bantuan Sosial (PRS) sebanyak 500 orang , setelah dilaksanakan verifikasi akhir tersisa 352 orang yang berhak untuk menerimanya.

” Bantuan PRS pada verifikasi tahap akhir tersisa 352 penerima yang berhak, dimana besaran bantuan yang di terima Sebesar Rp.13.908.000,- per KPM” terangnya.

BACA JUGA:  Hasil Swab Duet Cuncung - Alpiya Negatif Covid-19

Sementara bantuan sosial program UEP tahun 2021 sebanyak 140 orang KPM, namun berdasarkan verifikasi akhir, hanya 106 orang yang masih berhak menerima bantuan sosial, sedangkan 34 orang dilaporkan tidak memenuhi kriteria. “Bantuan UEP diberikan bervariasi antara Rp2.7 juta hingga Rp3 juta per KPM, ” tambahnya.

Pada kecamatan Daha Utara dikatannya penerima PRS sebanyak 18 KPM dan program UEP sebanyak 5 KPM, Kecamatan Daha Selatan 31 KPM Penerima PRS dan 4 KPM Penerima UEP serta Di kecamatan Daha Barat 23 KPM Penerima PRS sedangkan untuk Bantua UEP tidak ada usulan.

 

Reporter : Amutz
Editor : Edi Dharmawan

L

Pos terkait