Mengenal Lebih Dekat Van Der Pijl Bapak Pembangunan Kota Banjarbaru

  • Whatsapp
L

Nah untuk mengenal arsitek kota Banjarbaru, yaitu D.A.W Van der Pijl lebih dekat kami mencoba memberikan ulasan sedikit mengenai biografi beliau yang di ambil dari beberapa sumber. (Net)

Van der Pijl adalah seorang arsitek kelahiran Kota Brakel, Propinsi Gelderland, Belanda, yang lahir pada tanggal 23 Januari 1901. Nama aslinya adalah Dirk Andries Willem Van der Pijl. Tidak banyak catatan tentang Van der Pijl, namun keturunan langsung dari Van der Pijl dapat ditemui di Kota Banjarbaru. Van der Pijl adalah anak pertama dari Dirk Govert Van der Pijl dan Cornelia Elisabeth Adriana Scholten.

Van der Pijl memiliki seorang Isteri bernama Anna Gaspers. Anna Gaspers adalah seorang Belanda yang lahir pada tanggal 27 Desember 1915 di Gombong-Jawa-Indonesia.

BACA JUGA:  Prinsip Terbuka dan Tolong Menolong Jadi Pegangan Hidup Cuncung

Dari pernikahannya dengan Anna Gaspers, Van der Pijl memiliki dua orang anak perempuan yaitu: Andrea Cornelia dan Marijke Elizabeth. Dari kedua orang putrinya, Van der Pijl memiliki empat orang cucu.

Van der Pijl adalah seorang arsitek lulusan Universitas Leiden dengan spesialisasi pada Desain dan Supervisi bangunan sekolah, gereja dan rumah tinggal/permukiman.

Dia memperoleh pendidikan tekniknya di tiga tempat, yaitu Prof.ex. C. I (1920), Cand.C. I. (1922) dan Examen Arsitek (1924).

Karirnya sebagai arsitek tercatat dimulai tahun 1924 hingga 1961. Sejak tahun 1929 Ven der Pijl hijrah ke Indonesia.

Pos terkait