Di Tengah Pandemi , Bisnis Aquascape tak Sepi Pembeli

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin, – Aquascape merupakan salah satu hoby yang akhir-akhir ini digemari banyak orang, khususnya bagi mereka yang suka melihat keindahan kehidupan ikan dalam sebuah aquarium.

Diperlukan keahlian khusus untuk membuat sebuah aquascape, seperti mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan elemen lainnya di dalam sebuah aquarium. Tak hanya memelihara ikan, tapi juga merawat semua komponen yang ada didalam aquarium tersebut.

Karena sekarang ini peminatnya cukup banyak, hoby yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis baru yang tidak kalah menarik dari pada bisnis lainnya.

Bahkan, di tengah pandemi covid-19, bisnis aquascape ternyata masih tetap bertahan, walaupun penjualannya tak seramai ketika sebelum wabah virus Corona melanda.

BACA JUGA:  Tinggal 1 Juta UMKM yang Belum Terima BLT

“Alhamdulillah, orang yang minta buatkan aquascape ada saja. Lumayan lah, dalam sebulan bisa 2 sampai 5 buah orang yang order ke tempat saya,” tutur Wawan Daytona, seorang pembuat aquascapekepada Wartaniaga.

Biasanya, Wawan menjual sesuai pesanan saja, dan ukuran aquariumnya bisa direquest sesuai keinginan konsumen. Namun, di rumahnya yang juga dijadikannya workshop ini juga menyediakan aquarium yang sudah jadi.

“Harganya bervariasi, mulai Rp 1 jutaan sampai puluhan juta. Tergantung ukuran aquariumnya dan tingkat kesulitan serta isi aquascapenya apa saja,” jelas pemilik Humaira Aquascape Design ini.

Menurutnya, dalam hal pembuatan aqusacape, konsumen juga bisa memilih tema atau model apa yang diinginkannya. Karena, dari tema ini akan menjadi acuan untuk menerapkan hardscape dan tanaman yang harus digunakan.

L

Pos terkait