Sering Dipadati Warga Pasca Ditutup, Siring Tendean Bakal Dipagar

  • Whatsapp
L

Wartaniga.com, Banjarmasin – Kawasan Siring Piere Tendean memang menjadi lokasi favorit warga Banjarmasin untuk melakukan berbagai aktivitas. Baik yang bersantai, berolahraga, bahkan menggelar dagangan.

Selama pandemi, Pemkot Banjarmasin sengaja menutup tempat tersebut demi menghindari kerumunan orang.

Namun, belakangan ini Siring Tendean kembali dipadati warga. Kondisi kian didukung dengan adanya lapak dagangan yang memungkinkan terjadi kerumunan.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ihsan Al-Haq saat ditemui awak media di ruang kerjanya, kemarin.

“Kami akui, akhir-akhir ini kawasan tersebut kembali didatangi warga, dan ini lebih padat dari biasanya,” ucapnya.

Kendati demikian, Disbudpar menilai pengunjung hanya sekadar lewat. Tidak berkerumun atau menetap.

BACA JUGA:  Pasien Covid-19 Kalsel Bertambah

“Cuma sekadar lewat, mau jogging atau sekadar jalan-jalan, itu tidak apa-apa. Kalau menetap, kami tidak memperkenankan,” sebutnya.

Rasa jenuh dan keinginan masyarakat yang ingin berlibur, hingga keinginan mengunjungi fasilitas umum dinilainya menjadi salah satu penyebab mengapa kerumunan di kawasan objek wisata itu bisa terjadi.

Ikhsan mengaku, pengawasan tetap dilakukan. Hanya saja, pengawasan yang dilakukan bersifat tertutup atau hanya sekadar pemantauan saja.

“Pengamanan terbuka saja, baru diturunkan bila ada kerumunan. Petugas akan diterjunkan untuk mengurainya. Tiap pekan, kegiatan selalu kami evaluasi,” jelasnya.

L

L

Pos terkait