Menteri Suharso Beberkan VNR 2021 Kepada BPK

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta- Analisis VNR 2021 berfokus pada dampak pandemi Covid-19 dari pencapaian kesembilan tujuan yang menjadi fokus analisis sebagaimana dituangkan pada kerangka berpikir yang selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah 2021, yaitu kebijakan penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Reformasi Sistem Kesehatan Nasional, Reformasi Sistem Perlindungan Sosial, pemulihan industri, pariwisata dan investasi menuju ekonomi hijau serta sistem ketahanan bencana.

Hal ini disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional saat memberikan sambutan dalam acara serah terima laporan VNR 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan RI, Rabu (23/06/2021).

“Pandemi ini menyadarkan kita bahwa saat inilah kesempatan untuk build forward better, melanjutkan agenda pembangunan kita dengan strategi-strategi yang menjadi game changer dalam mewujudkan Indonesia maju. Tantangan baru yang muncul atau new and emerging challenges akibat pandemi menjadi faktor utama dalam merumuskan redisain trasformasi ekonomi Indonesia,” ujar Menteri.

BACA JUGA:  Siswa-Siswi SMP PT Pasangkayu Dapat Ilmu Pembelajar Dari Jaksa

Menteri Suharso mengatakan, strategi redesain tranformasi ekonomi bersifat jangka menengah-panjang, yang akan berfokus pada (1) SDM berdaya saing melalui reformasi sistem kesehatan,reformasi sistem pendidikan dan pendidikan karakter; (2) produktifitas sektor ekonomi melalui industrialisasi, produktifitas UMKM dan modernisasi pertanian; (3) ekonomi hijau melalui ekonomi rendah karbon, blue economy, dan transisi energi; (4) tranformasi digital melalui infrastruktur digital, pemanfaatan digital dan penguatan enabler; (5) integrasi ekonomi domestik melalui infrastruktur konektivitas-superhub, hub laut, hub udara serta domestic value chain; (6) pemindahan Ibu Kota Negara dalam rangka menyeimbangkan ekonomi antar wilayah. Dalam pelaksanaan dan pencapaian sasarannya dilakukan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai instrumen utama.

L

Pos terkait