Jumlah Kapal Bersandar di Dermaga PPI Kotabaru Meningkat Hingga 50%

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru- Dermaga Pelabuhan Perikanan (PPI) Kotabaru terjadi peningkatan jumlah kapal yang bersandar.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi mengatakan,meski aset Pelabuhan Perikanan di Kotabaru belum seluruhnya dihibahkan, namun kapal-kapal besar milik nelayan yang bersandar di kawasan tersebut mengalami peningkatan.

“Tercatat pendaratan ikan di pelabuhan tersebut dapat mencapai 50 kapal setiap bulannya,” beber Paman Yani sapaan akrabnya.

Ia mengaku cukup terkesan saat melihat data yang diperlihatkan oleh Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Kotabaru Ahmad Nurbani Yusuf terkait lonjakan kapal-kapal yang bersandar di kawasan pelabuhan tersebut.

Perlu diketahui sendiri bahwa Kotabaru ini dikelilingi oleh laut dan tadi sempat dijelaskan kalau nelayan sudah mulai banyak singgah di sini bahkan hampir 50 lebih kapal setiap bulannya.

BACA JUGA:  Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Tanah Laut Gelar Berbagai Kegiatan

“Ikan-ikan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan (PPI) Kotabaru memiliki potensi besar terhadap pendapatan,” paparnya.

Sehingga sangat berpotensi dilakukan tarif, biaya retribusi dan masuk sebagainya dan itu bisa dilaksanakan. Bahkan, lebih jauh lagi ada pelelangan ikan nantinya.

Selain itu, ia menginginkan agar posisi aset dapat berpindah seluruhnya kepada Pemprov Kalsel sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlautkan) RI.

“Intinya adalah kemaslahan dan kesejahteraan para nelayan dan masyarakat ada di sini,” katanya.

L

Pos terkait