Bupati dan Wakil Bupati Tala Kompak Lakukan Panen Sayur Hidroponik di SMAN 1 Plh

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Sayur hidroponik hasil kebun Green House SMAN 1 Pelaihari mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Panen perdana sayur hidroponik di sekolah yang berstatus Adiwiyata tersebut pun terasa sangat istimewa, pasalnya sayuran yang ditanam dengan menggunakan media air dan tanpa pupuk kimia tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta bersama Wakil Bupati Abdi Rahman. ( 8/6 )

Bupati Tanah Laut H. Sukamta mengungkapkan bahwa keberadaan Green House yang memproduksi sayuran hidroponik tersebut membuktikan bahwa siswa di SMAN 1 Pelaihari bukan hanya menerima pendidikan formal secara keilmuan, namun mereka juga diberikan berbagai macam keterampilan yang tentunya akan sangat bermanfaat dan bisa menjadi peluang usaha setelah mereka lulus nanti.

BACA JUGA:  Pemerintahan Abdul Hadi- Supiani, Akan Terus Menumbuhkan Minat Membaca Buku

Potensi ekonomi dari tanaman sendiri hidroponik sangat menjanjikan, harganya yang lebih tinggi dari sayuran biasa menjadikannya potensi bisnis yang menggiurkan.
” Masyarakat juga bisa membuat kebun seperti ini dengan memanfaatkan pekarangannya, tidak memerlukan lahan yang luas dan mudah merawatnya ” ucap Sukamta.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman, menurutnya bercocok tanam dengan metode hidroponik memiliki keuntungan dan kelebihan tersendiri, selain tidak memerlukan lahan yang luas, metode ini juga membuat tanaman yang dihasilkan menjadi lebih segar dan sehat, karena aman dari hama dan pestisida.

” Metode ini bisa dimanfaatkan dan dijadikan peluang usaha bagi guru atau pegawai yang akan memasuki pensiun, karena sangat mudah dan bernilai ekonomis tinggi, kami berharap Green House SMAN 1 Pelaihari bisa tiru dan diterapkan di sekolah-sekolah lain ” harapnya.

Pos terkait