Resmi, Telkomsel Luncurkan Teknologi 5G

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta – Telkomsel resmi meluncurkan teknologi 5G, kepastian tersebut didapat usai Telkomsel dinyatakan telah Lulus Uji Layak Operasi (ULO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hal ini ditandai dengan dilakukan penyerahan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo kepada pihak Telkomsel di Jakarta, Senin (24/5).

Seiring dengan penyerahan SKLO ini, maka Telkomsel resmi menajdi operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate mengatakan bahwa Telkomsel usai melakukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G pada 19 Mei sampai 21 Mei 2021, setelah melakukan uji tersebut Telkomsel dinyatakan Lulus.

“Telkomsel dinyatakan layak (penggelaran layanan 5G secara komersial) di Indonesia setelah melakukan pengujian teknis. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang menggelar 5G di Indonesia,” ungkap Johnny

BACA JUGA:  Sumo Sale, Sensasi Baru Beli Mobil Nissan

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto juga mengungkapkan SKLO ini merupakan suatu bukti bahwa Telkomsel sah dan resmi sudah memenuhi persyaratan dan regulasi yang berlaku sehingga mampu menjadi operator pertama yang mengoperasikan layanan 5G di Indonesia.

“Kami ucapkan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Menteri beserta jajaran di Kementrian Kominfo RI, untuk bersama mengawal pelaksanaan ULO 5G bagi Telkomsel, dan telah menjadi inspirasi kami dalam melaksanakan rencana strategis pemerintah dalam upaya pengembangan teknologi terbaru sebagai bagian dari akselerasi pemerataan ekosistem broadband dan digital yang inklusif” ujarnya.

Pada tahap awal, frekuensi spektrum 2,3 GHz akan dimanfaatkan oleh Telkomsel dalam menghadirkan sinyal 5G kepada konsumen.

BACA JUGA:  AMS Sarana Tepat Investasi Cepat

Telkomsel selalu berupaya dalam penyelenggaraan teknologi jaringan, hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam Pasal 4 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, yang merupakan peraturan turunan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Telkomsel selalu berkomitmen akan memanfaatkan teknologi 5G dan akan terus memaksimalkan layanan dan produk guna memberi manfaat kepada konsumen dan industri dan juga mampu bersaing secara global dalam peningkatan teknologi digital.

Penulis : Rizky Aldya Noor

Pos terkait