Agar Berkembang UMKM Perlu Mentor

  • Whatsapp
Silaturahmi tim redaksi Wartaniaga dengan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad

Wartaniaga.com, Kandangan- Banyak faktor yang mempengaruhi agar UMKM menjadi lebih berkembang. Mulai dari produk, pemasaran, kemasan hingga mentor.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan ( HSS), Syamsuri Arsyad saat berbicang-bicang dengan pimpinan Wartaniaga.com di Kandangan, Rabu (5/5).

Menurutnya, semua faktor di atas sangat penting, namun selama ini jarang sekali para pelaku UMKM memiliki mentor dalam menjalankan usahanya.

“” Idealnya pelaku bisnis UMKM khususnya di kabupaten HSS memilik mentor dalam menjalankan usahanya, di samping memperhatikan produk, kemasan dan pemasaran,” ucapnya.

Dikatakannnya, dengan adanya mentor pelaku usaha tidak hanya belajar bagaimana berbisnis tetapi juga mental bisnis.

” Membantuk mental itu yang terpenting,” katanya seraya menambahkan bagaimana bertahan disaat krisis diperlukan mental pebisnis.

BACA JUGA:  Pemkab HSS Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Memenuhi Protokol Kesehatan

Selain itu, sambung Wabup seorang mentor juga dapat mengajarkan sisi-sisi kerohaniaan dalam berbisnis.

Misalnya pentingnya sodaqoh dan berbagi kepada sesama. ” Banyak pebisnis yang sukses karena sering sodaqoh, nah pengalaman ini perlu didapatkan dari mereka yang berpengalaman, salah satunya mentor bisnis,” paparnya.

Ke depan, pihaknya berencana akan mendatangkan mentor bagi UMKM di kabupaten HSS.

” Kalau pelatihan-pelatihan pemasaran, kemasan sudah sering kami laksanakan melalui dinas terkait. Ke depan , harus ada mentoring berkelanjutan,” harapnya.

 

Reporter : Amutz
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait