Perdana di Kalsel, Porang Chips Balangan Melenggang Menuju Negara Jepang

  • Whatsapp
Bupati Balangan, Abdul Hadi saat menunjukan porang kepada Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Banjarmasin, untuk pertama kalinya melakukan sertifikasi ekspor porang (Amorphophallus Muelleri) asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sebanyak 10 ton dari total permintaan sebanyak 100 ton yang harus dipenuhi dalam waktu 5 bulan.

Komoditas asal sub sektor tanaman pangan ini, di ekspor ke Negara Jepang dalam bentuk chips oleh PT. Buana Alam Lestari dengan nilai ekonomi sebesar lima ratus enam puluh juta rupiah dan akan diberangkatkan melalui Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin dengan moda transportasi laut  KM. Tanto Langgeng V.220 menuju Pelabuhan Ishigaki ke negara berjuluk Negeri Sakura tersebut.

“Ini adalah bentuk komitmen seluruh pemangku kepentingan pembangunan pertanian di Kalimantan Selatan untuk mensukseskan peningkatkan ekspor pertanian,” kata Imam Djajadi, yang hadir mewakili Kepala Badan Karantina Pertanian RI saat melepas ekspor perdana ini, senin (12/4).

BACA JUGA:  20 Peserta Ikuti Pembuatan Sasirangan dengan Pewarna Alami

Menurut Imam, selain sebagai kabar yang menggembirakan, ia berharap pencapaian ini menjadi satu pendorong kuat bagi upaya pemulihan ekonomi baik untuk masyarakat Kalsel, khususnya petani porang Kabupaten Balangan maupun secara nasional.

L

Pos terkait