Ikan Gabus Salah Satu Peluang Bisnis Menjanjikan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Ikan Gabus atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Kalimantan Selatan ikan Haruan merupakan salah tahu lauk yang sangat di gemari.

Tidak heran, bahwa ikan Haruan menjadi salah satu penyumbang faktor inflasi Kalimantan Selatan.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M.Syaripuddin, S.E., M.A.P. saat menghadiri Rapat Kerja Teknis dan DAK Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021 mengatakan, pada era sekarang, perencanaan adalah awal dari segala aktivitas pemerintahan, sehingga di dalam merencanakan, baik pusat maupun provinsi sampai ke Kabupaten Kota menjunjung tinggi prinsip efektivitas dan efesiensi.

“Kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk menjalin koordinasi dan komunikasi yang lebih baik sehingga dapat diambil manfaatnya,” ucap Bang Dhin sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Di Masa Pandemi Orderan Kain Sasirangan Menurun

Bang Dhin mengapresiasi atas kinerja Dinas Keluatan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan dalam melakukan perencanaan di bidang kelautan dan perikanan yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Rusdi Hartono, S.Pi, MP, menjelaskan fokus Dinas Kelautan dan Perikanan mengenai budidaya ikan gabus.

“Budidaya ikan Gabus merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan,” ujarnya.

Lanjutnya, Ikan Gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan serat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, seperti jenis ikan air tawar lainnya.

Lebih lanjut, wilayah Kalimantan Selatan di mana tingkat konsumsi ikan gabus sangatlah tinggi, bahkan saking pentingnya ikan gabus menjadi salah satu faktor penyebab inflasi di Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  Berdagang Barang Unik, Mahasiswi ini Raup Puluhan Juta Perbulan

“Mengingat tingginya konsumsi tersebut memicu peluang besar untuk dilakukan budidaya ikan gabus. Hal ini menjadi perhatian khusus dan merupakan salah satu agenda,” imbuhnya.

 

Reporter: Aditya

Pos terkait