Baca ini Agar Terhidar dari E-Tilang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kepolisian Republik Indonesia telah memberlakukan E-Tilang di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sistem pengawasan kameran ini merekam mobil dan  sepeda motor yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan marka jalan, serta tidak menggunakan helm.

Nah, agar terhidar dari E-Tilang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi pengguna jalan. Berikut kami merangkumnya untuk pembaca wartaniaga.com.

Pertama, jangan menerobos lampu merah dan Jika berhenti di trafig light (lampu merah)  pastikan  roda kendaraan jangan sampai lewat garis marka, tanda batas berhenti.

Berikutnya, jangan menggunakan telpon seluler sSaat berkendara, bila memang harus dan penting, menepi dan berhentilah untuk menjawab telpon.

Gunakan selalu helm berstandar SNI dan bagi, pengendara mobil gunakan selalu sabuk keselamatan (saftey belt). Dan  lampu kendaraan roda dua harus selalu menyala baik siang terlebnih lagi malam hari.

BACA JUGA:  Komite Seleksi Film Indonesia Untuk Oscar Mulai Bekerja

Selanjutnya, jangan gunakan kenalpot racing yang membuat kebisingan di Jalan serta aksesoris yang merubah wujud kendaraan.

Dan yang terpenting selalu patuhi rambu rambu lalu lintas walaupun di tempat sepi, karena CCTV mungkin ada di tempat yang tidak terlihat dan kita tidak tahu.

Terakhir, jika meminjamkan kendaraan bermotor, yakinkan orang yang meminjam harus ta’at berlalu lintas, karena yang dapat sangsi  atau denda adalah yang punya kendaraan, bukan yang pinjam kendaraan ( pemilik sesuai di STNK ).

 

Editor : Ahmad Yani  

Pos terkait