DPRD Banjarmasin Harapkan Pemetaan Sungai, dan Saluran Segera Dilakukan Kembali

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Terkait pemetaan sungai, kanal atau saluran air di Banjarmasin, DPRD Kota Banjarmasin minta Pemerintah Kota Bamjarmasin kembali evaluasi kondisi dan pemetaannya.

hal tersebut bertujuan agar Pemko Banjarmasin mampu memetakan kawasan sungai mana saja yang tersumbat dan harus dinormalisasi.

Dikatakan, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Aliansyah, Sabtu (27/02) sejauh ini ternyata banyak sungai tersumbat karena kurang terpantau.

Hal itu menurutnya kerna pembiaran di masa lalu dari Pemko Banjarmasin yang tak mengawasi warga membangun rumah hingga menutup sungai bahkan menyumbatnya.

“Harus nya dari lurah, camat ada data sungai sungai yang sudah tertutup dan Jangan sampai Aliran sungai terturup lagi, kalau ada yg sudah tertutup segera mungkin untuk di buka kembali,” katanya.

BACA JUGA:  Temuan Virus B117 dari Warga Pendatang

Hal itu dikernakan, kalau sudah banjir satu kali maka air akan mengalir lagi ke mana arah akhir dari aliran sungai tersebut. Kalau tersumbatnya di pemukimaan, maka kawasan itu dipastikan akan digenangi air.

Untuk itu, melalui lurah atau camat, bangunan di Banjarmasin perlu diawasi, apakah membangun di atas sungai dan menyumbatnya.

Sejauh ini, musuh dari subgai adalah pembangunan, dimana lebar sungai dikalahkan untuk membangun rumah atau pemukiman warga, dampaknya banyak sungai menyempit dan tak mampu mengalirkan air karena tersumbat.

“Kita rasa Pemko Banjarmasin perlu kembali membentuk Dinas Sungai guna menangani hal ini,” tandasnya.

 

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait