Demi Normalisasi Sungai, Warga Semangat Dalam Bersedia Bongkar Bangunan Sendiri

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Batola- Tanpa harus ada ganti rugi bangunan, warga Semangat Dalam, Handil Bakti, Batola cukup komunikatif membongkar sendiri bangunannya yang berada di atas sungai.

Hal ini terkait program normalisasi sungai yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Batola dalam menanggulangi bencana banjir di kawasan tersebut.

Hal ini terkait pemberitahuan atau keputusan dari pemerintah Kabupaten Batola yang sejak 3 Februari kemarin telah melayangkan surat pemberitahuan bahwa sungai yang berada di semangat dalam akan dikeruk atau normalisasi.

Untuk itu, sebelum dibongkar paksa oleh pemkab batola warga diimbau untuk membongkar bangunannya sendiri dan ini disambut dengan baik oleh warga yang secara kooperatif membongkar bangunannya untuk normalisasi sungai.

BACA JUGA:  Bupati Balangan Ajak ASN dan Masyarakat Belanja di Pasar Tradisional

Alat berat pun telah diturunkan oleh Pemkab Batola untuk melakukan normalisasi sungai yang bermula dari Muara sungai hingga mengarah ke Jalan Trans Kalimantan.

Berdasarkan hasil pantauan Jumat kemarin beberapa bangunan yang berada di atas Sungai semangat dalam jam sudah dibongkar warga terlebih dahulu tanpa harus dibongkar paksa oleh Pemkab Batola.

Sedang pengerukan sudah berjalan hampir 1 minggu terakhir dan kini sudah mencapai sekitar 2 KM Sungai semangat dalam dan diperkirakan hal ini terus berlanjut sampai selesai dengan kedalaman kerukan Sungai sekitar 5 hingga 8 meter.

“Kita tak masalah membongkar bangunan ini, karena tujuannya untuk pengerulan dan mudahan air tidak banjir lagi di sini,” kata Abduh, salah satu pemilik bangunan tempat pencucian kendaraan di sekitar kawasan Komplek Sahali Messi, Semangat Dalam, Batola.

BACA JUGA:  Dinsos Tala Gelar Pelatihan untuk Petugas Puskesos

Adapun kawasan yang menurutnya paling banyak bangunannya adalah di kawasan Pasar Semangat Dalam, dan sebagian pendagang memang sudah membongkar lapaknya yang berada di atas sungai.

 

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait