Antrian Truk di Jalan H Hasan Basry Semakin Panjang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Usai gelar aksi penutupan jalan Hasan Basry, masalah kemacetan di kawasan Jalan Hasan Basry nampak tak kunjung selesai akibat panjangnya antrian truk menunggu penyeberangan.

Antrian panjang truk yang terpantau, Sabtu (5/2) terjadi dari depan ULM hingga depan Rumah Sakit Anshary Shaleh, sementara puncak kepadatan terjadi sekitar pukul 15.00 wita hingga 20.00.

Sementara hari terpadat dengan kemacetan tinggi terjadi jumat hingga minggu akibat menyempitnya jalan karena antrian truk yang menunggu kapal penyeberangan.

Sebelumnya antrian tak pernah terjadi, alasan supir truk mengantri di Jalan Hasan Basri karena jalan yang biasa mereka lalui menuju Batola maupun Kalimantan Tengah yakni Jl Gubernur Sarkawi mengalami kerusakan berat.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Kalsel Bangga Wawasan Anggota KPPS

“Kalau kita paksakan lewat Jl Gubernur Sarkawi, mungkin setiap hari akan terjadi kecelakaan, karena jalannya rusak berat akibat banjir kemarin,” kata Ary salah satu pengemudi truk jurusan Palangkaraya, Kalteng dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Untuk itu, dari pada bawaan mereka bermasalah, para supir memilih untuk mengantri lama agar bisa menaiki kapal penyeberangan di Sungai Alalak.

“Tak ada pilihan lain selain mengantri, walau banyak waktu terbuang yang penting keselamatan angkutan dan diri sendiri dan penyeberangan alternatif satu-satunya mengingat truk tak diperbolehkan melintas di Jembatan Alalak 1,” ucapnya.

Mengenai sampai kapan mengantri ini akan dilakukan, Ary hanya bisa berkata sampai jalan yang biasa mereka lalui sudah aman atau ada alternatif jalan lain yang bisa dilalui.

BACA JUGA:  Dewan Kalsel Bahas Biaya Kajian Calon Kabupaten Tanah Kambatang Lima

“Kalau bisa kita berharap diperbolehkan melintasi Jembatan Alalak 1, karena katanya meskipun selesai dibangun, jembatan Alalak 2 juga tak diperjolehkan dilintasi truk,” katanya.

Untuk itu, kapan kemacetan di Jalan Hasan Basry akan berakhir tergantung perbaikan jalan Gubernur Sarkawi serta selesainya pembangunan jembatan Alalak 2 yang ditarget selesai tahun ini.

 

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait