Jelang PON 2021 Tim Gulat Kalsel Mulai Latihan Intensif

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Loloskan 9 kelas pada PON 2021 Papua, tim gulat Kalimantan Selatan (Kalsel) bergegas gelar latihan intensif untuk capai target.

Pelatih tim gulat Kalsel, Zulhaidir, menyampaikan bahwa, latihan intensif akan segera digelar sebelum gelaran PON Papua dilaksanakan September mendatang.

Persiapan tim gulat menurutnya biasa dilakukan sembilan bulan lebih dahulu, dan Januari tahun ini harusnya latihan intensif sudah mulai digelar.

“Latihan sebenarnya sudah kita intensifkan sejak tahun 2020, dan beberapa uji coba sudah kita lakukan untuk meningkatkan kualitas persiapan atlet kita,” jelasnya, Selasa (5/1).

Dengan meloloskan atletnya di sembilan kelas dari 18 kelas yang dipertandingkan pada PON Papua tahun ini, tim gulat Kalsel menurutnya masih harus membuat latihan intensif agar atlet siap dan terbiasa dengan kondisinya.

Dan sisa waktu sekitar sembilan bulan ini, dinilai sudah cukup, karena latihan intensif selalu dilakukan tim gulat Kalsel sejak tahun lalu.

“Kalau digelar sejak Januari ini tentu waktunya tak cukup, karena satu bulan sebelum PON atlet harus memasuki masa recovery, makanya kita mulai sejak tahun lalu,” ujarnya.

Mengantisifasi menurunnya kemampuan atlet gulat, selama sisa latihan intensif ini tim gulat bayangan pun juga dibentuk, dimana nantinya bisa menjadi pengganti kalau ada performa atlet yang disiapkan mengalami penurunan.

Kendati menurunkan atlet di sembilan kelas, namun hanya dua kelas yang menurutnya bisa diandalkan yakni untuk kelas 74 dan 86 Kg putra, gaya bebas.

Kendati dua nomor biasa diandalkan dan lebih menonjol untuk meraih medali, namun ada beberapa nomor yang diharap mampu turut memberikan hasil terbaik.

“Makanya latihan harus kita jalankan secara intensif kendati dimusim pandemi, kita tak bisa terus menunggu pandemi Covid-19 selesai, jadi harus tetap latihan dengan cara-cara yang harus dicari,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait

banner 468x60