Hari Amal Bakti ke-75, Usung Tema Indonesia Rukun

Wartaniaga.com, Pelaihari – Dengan mengusung tema Indonesia Rukun, Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) berjalan dengan penuh khidmat di halaman kantor Kemenag Kabupaten Tanah Laut (Tala), pada Selasa (5/1/2021)

Bupati Tala HM Sukamta selaku inspektur upacara menyampaikan pidato Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Menurutnya dengan tema Indonesia Rukun ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tidak mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Diusia Kemenag yang mencapai 75 tahun ini, ia berharap agar berbagai prestasi yang telah dicapai dapat menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat serta motivasi dalam mencapai target yang lebih baik lagi di masa mendatang.

“Saya mengajak kita semua, mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun dimasa yang akan datang,” ajaknya.

Menag juga mengingatkan tentang semangat Kemenag baru dalam mengelola Kemenag yang diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang semakin baik, kedua penguatan moderasi beragama dan ketiga persaudaraan.

“Termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pusat pelayanan keagamaan,” katanya.

Pos terkait

banner 468x60