Kreatif di Tengah Pandemi, Rahmat Produksi Media Budidaya Ikan Aquaponik dan Tanaman Hidroponik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Di tengah situasi pandemi, mungkin saja sebagian warga merasa jenuh atau tertekan dengan beraktivitas di rumah. Namun tidak bagi seorang warga bernama Rahmat.

Warga jalan Sutoyo S, Komplek Rajawali Ujung, No.63, Banjarmasin Tengah ini, justru bisa berkreasi dan berinovasi yang akhirnya mampu menopang perekonomian keluarga.

Menurutnya, masa pandemi jangan jadi penghalang untuk membuat hasil karya yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

“Kami mencoba membuat media untuk budidaya ikan dengan teknik aquaponik yang dipadukan dengan tanaman hidroponik. Dengan media ini, kita bisa memelihara ikan sekaligus bercocok tanam,” ujar Rahmat, yang juga berprofesi sebagai fotografer ini, Jumat (18/12).

Diakui Rahmat, usaha pembuatan media budidaya ikan yg dipadukan dengan tanaman hidroponik ini baru digelutinya sejak 2 bulan terakhir. “Imbas pandemi, panggilan untuk jasa foto turut terdampak, jadinya sepi job,” tuturnya, sembari tersenyum.

BACA JUGA:  Lewat Arum Manis, Pria ini Berdagang Sembari Melestarikan Jajanan Lokal

Dia merinci, untuk 1 ember ikan ukuran S, dengan volume air 60 liter termasuk bibit ikan sebanyak 50 ekor, ia mematok harga 200 ribu rupiah. Untuk ember berukuran M, dengan volume air 80 liter termasuk bibit ikan 100
ekor, dibandrol 250 ribu rupiah.

Sedangkan, ember ukuran L, dengan volume air 150 liter termasuk bibit 100 ekor, dijual dengan harga 300 ribu rupiah.

Pos terkait