Sekalipun Harus Berpindah, Upacara Peringatan PGRI dan HGN Tetap Berlangsung Hikmat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Meski sempat berpindah tempat akibat hujan yang cukup deras, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 tetap dilaksanakan. Upacara yang awalnya dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut (Tala) tersebut, berpindah tempat di Aula Sarantang Saruntung, Senin (30/11/2020).

Upacara diikuti sekitar 50 orang tenaga pendidik dari berbagai sekolah di Kabupaten Tala dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan menjaga jarak antar barisan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menggunakan masker.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs H Dahnial Kifli selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-75 PGRI dan HGN tahun 2020 membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim.

BACA JUGA:  TMMD ke-109 Amuntai, Begini Tanggapan Warga Desa

Dalam sambutannya Mendikbud RI menyampaikan, bahwa pandemi Covid-19 memaksa manusia untuk melakukan adaptasi dalam keseluruhan aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilakukan penuh kehangatan di kelas, demi keselamatan siswa, guru dan orang tua, harus dilakukan dengan belajar dari rumah secara online atau daring.

”Saya menaruh hormat atas semangat dan dedikasi tenaga kependidikan, meskipun dengan segala keterbatasan tak surut dalam pengabdian mendidik para siswa dan mahasiswa ditengah pandemi ini”, tuturnya.

Menurutnya, hikmah dibalik pandemi Covid-19 yakni mempercepat akselerasi penguasaan teknologi dikalangan guru dan siswa, menguatkan kerjasama antara guru dan orangtua sekaligus memastikan bahwa peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apa pun.

Pos terkait