Anisah Wahid Bangga, Bagus – Farida Juara 1 Baturai Pantun

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Amuntai – Kebahagian nampak terlihat diwajah Bagus Ismail dan Farida Hasna Putri Al Banjari, setelah dewan juri mengumumkan kemenangan mereka dalam lomba Baturai Pantun.

Lomba Baturai Pantun diselenggarakan oleh Balai Bahasa provinsi Kalimantan Selatan dan berkerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun lomba tersebut berbeda dari biasanya yang diselenggarakan secara tatap muka, kali ini dihelat secara online mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Kendati demikian kemeriahan tidak mengurangi inti dari acara tersebut untuk memperingati hari bulan bahasa.

Baturai pantun atau dalam bahasa Banjar basasahutan pantun dilakukan oleh dua orang dan merupakan kesenian daerah Banjar biasanya dilaksanakan dalam acara prosesi lamaran dan tidak jarang dilaksanakan sebagai media hiburan seperti acara resepsi perkawinan bahkan sering juga di ikut sertakan dalam lomba-lomba tertentu seperti yang dilaksanak baru-baru tadi yang di ikuti oleh sejumlah peserta perwakilan dari kabupaten kota se-Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  Sujarwo Senang Dapat Bantuan dari JRC Al- Ihsan

Seperti Pasangan Bagus dan Farida yang mewakili kabupaten Hulu Sungai Utara(HSU) dan berhasil meraih prestasi gemilang sebagai pemenang pertama.

Menurut pasangan Bagus – Farida,ke ikut sertaannya di lomba Baturai Pantun bukan mengharapkan prestasi tapi merupakan rasa tanggung jawabnya sebagai Glgenerasi penerus bangsa, termasuk dalam meneruskan seni budaya daerah, kalaupun dapat prestasi tentunya bukan dari usaha mereka sendiri.

“Kami tidak menyangka dalam lomba tersebut berhasil juara, lebih lebih juara satu karena selama ini kami selalu menggeluti kesenian tersebut terlepas ada tidaknya perlombaan karena seni dan budaya merupakan napas dalam kehidupan bersosialisasi,” jelas mereka.

L

Pos terkait