Bupati Sukamta berikan Kuliah Umum dihadapan Mahasiswa UMB

  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut juga tengah berupaya mendorong IKM serta sektor primer seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan untuk menjaga stabilitas produksi sektor-sektor tersebut. Selain itu Pemkab Tala juga membuka peluang investasi yang masuk ke Tala. Sebab menurutnya, dengan adanya investasi maka pertumbuhan ekonomi akan terdorong. Seiring Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) selalu mengawasi harga pasar sehingga jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat, maka Pemkab Tala segera melakukan operasi pasar.
“Kami juga membuat program Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Agunan dan Rente Untuk Ekonomi Lemah (Gapura Karomah) untuk akses permodalan masyarakat,” ungkapnya.

Sukamta menambahkan, secara administrasi, Tala terbagi menjadi tiga zona wilayah. Wilayah Kecamatan Pelaihari, Bajuin, Batu Ampar dan Panyipatan termasuk kawasan agropolitan. Kecamatan Bati-Bati dan Tambang Ulang sebagai kawasan industri, Kecamatan Kurau serta Bumi Makmur kawasan ketahanan pangan dan Kecamatan Jorong serta Kintap sebagai kawasan industri berat.

BACA JUGA:  Cerita Desa Bajayau di Tengah Hutan Sawit

Kuliah umum tersebut juga dirangkai dengan acara penandatanganan MoU kerjasama dalam menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan fungsi, kewenangan dan kompetensi masing-masing dengan pihak UMB dan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.
Turut berhadir para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Tala, dosen, mahasiswa serta para civitas akademika UMB.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait