Jembatan Bromo Tambah Destinasi Wisata di Banjarmasin

  • Whatsapp

Wartaniaga.Com,Banjarmasin- Pembangunan Jembatan Bromo yang sudah sejak beberapa tahun lalu diwacanakan, mulai direalisasikan dengan dimulainya proses pengerjaan oleh Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Proses pengerjaan di lokasi, Jalan Teluk Ujung Benteng Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan,  sudah dimulai sejak awal Mei.

Jembatan Bromo menghubungkan Pulau Bromo dengan wilayah Mantuil, sehingga masyarakat pun tak perlu lagi menyeberang menggunakan feri.

Disinggung mengenai kendala yang dihadapi dalam memulai pengerjaan jembatan gantung dengan menghabiskan dana sekitar 40 milyar ini, Arifin menerangkan hanya terkait pembebasan lahan saja.

“Ada satu rumah warga, tapi nanti kami akan coba negosiasi,” imbuh dia.

Selain sebagai sarana penyeberangan, jembatan gantung Antasan Bromo di Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan, yang saat ini sedang dibangun, ditargetkan mampu mendongkrak nilai pariwisata di Kalimantan Selatan. Jembatan itu menghubungkan antara Kelurahan Mantuil dengan Pulau Bromo.

BACA JUGA:  Pupuk Organik MA 11, Biaya Murah Hasil Melimpah

Hal itu diungkapkan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, usai melihat proses pemancangan tiang pertama jembatan gantung Antasan Bromo.

“Kami berharap jembatan gantung ini bisa mempermudah akses masyarakat karena, konsepnya juga dirancang untuk menunjang pariwisata,” ujarnya.

Ibnu menyampaikan, proyek pembangunan jembatan yang dikerjakan PT Bayang Bungo dan PT Adji Perkasa itu memiliki panjang 252 meter, tinggi gantung 100 meter, dan lebar 2 meter.

Dia menilai desain jembatan cukup ikonik dan futuristik, serta bakal memiliki ruang terbuka hijau. “Saya yakin masyarakat akan tertarik datang ke sini,” katanya.

Ibnu Sina juga mengungkapkan, jembatan itu dibangun karena banyak laporan warga setempat yang menginginkan jembatan. Sebab, untuk menuju Pulau Bromo, masyarakat harus menggunakan feri dan apabila Sungai Barito sedang surut, feri tidak bisa beroperasi.

BACA JUGA:  Zuraidah Senang Dapat Yamaha Aerox dari Bank Kalsel

“Banyak laporan terkait kendala warga yang ingin melahirkan dan lainnya, termasuk juga anak sekolah yang sering terlambat hingga pernah terjadi musibah orang tenggelam, sehingga kita menilai perlu membangun jembatan ini,” ucapnya.

Pos terkait