Cluster Pertanian, Sistem Pertanian Modern untuk Kesejahteraan Petani

  • Whatsapp
Eko ( baju hijau) bersama rekan kerjanya Ir Aris Nugroho yang juga ahli pertanian

Wartaniaga.com, Banyuwangi- Keseriusan pemerintah dalam  mendirikan dan membentuk Farming Estate Modern sebagai wacana awal pertanian berbasis 4.0 menginspirasi PT Anugerah Porangkaya Indonesia (PT API), Banyuwangi  untuk melakukan pergerakan mandiri guna menerapkan sistem pertanian modern  di Indonesia

Melalui salah satu  divisi perusahaannya, PT API bergerak dengan konsep pemberdayaan petani dengan sistem cluster pertanian yang melibatkan stakeholder, pelaku pertanian dan pemerintah.

Menurut Direktur Utama PT API, H Eko Susilo Nurhidayat,  pihaknya telah membangun cluster pertanian pertama di daerah gleenmore Banyuwangi, Jawa Timur  yang telah dileggkapi dengan laboratorium madani dalam pengembangan sistem kultur jaringan bibit dan pabrikasi saprotan  di antaranya untuk produksi pupuk dan probiotik.

BACA JUGA:  Hari Kasih Sayang, Omset Penjualan Coklat Meningkat

“ Menggunakan sistem manajemen terpadu dengan dukungan beberapa pengusaha dan Ketua  Kadin Banyuwangi cluster pertama beserta kelengkapannya mulai beroperasi. Ini akan menjadi percontohan bagi daerah lain untuk membangun sistem yang sama,” ujarnya kepada Wartaniaga.com melalui sambungan Whatapps, Senin (31/8) malam.

Dikatakannya, melalui sistem ini para petani  akan mempunyai pendapatan dan kesejahteraan  terpadu yang berhubungan dengan  Agro Industri dengan berbasis pertanian modern.

Pos terkait