Siswa-Siswi SMP PT Pasangkayu Dapat Ilmu Pembelajar Dari Jaksa

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pasangkayu – Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama PT Pasangkayu berkesempatan menimba ilmu pendidikan dari para jaksa.

Dengan rona wajah gembira, puluhan siswa SMP PT.Pasangkayu, saat kedatangan sejumlah jaksa ke sekolah. Mereka yang kebanyakan anak pekerja perkebunan sawit ini terlihat antusias mendapat pengetahuan baru berbau hukum.

Namun kali ini pelajaran langsung yang mereka terima adalah terkait masalah hukum berbeda dengan pelajaran lainnya di sekolah. Pelajaran terbaru ini pun disambut sukacita, terlebih tidak disangka sejumlah jaksa beramai-ramai mengajar di SMP PT.Pasangkayu.

Kasi Intel Kejari Pasangkayu, Fauzi mengatakan program tersebut diberi nama Jaksa Masuk Sekolah (JMS), dengan tujuan mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya dikalangan pelajar khususnya pelajar SMP.

BACA JUGA:  Teguh Santosa Terpilih Menjadi KetumĀ  JMSI

“Program ini digelar untuk menumbuh- kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus. Dan para pelajar memang seharusnya mendapat ilmu hukum sejak dini. ” ujar Fauzi.

Fauzi menjelaskan, di samping fungsi penegakan hukum, Kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum.

Beberapa yang disampaikan dalam paparannya adalah potensi pelanggaran terhadap Undang undang transaksi elektronik UU ITE nomor 11 tahun 2008 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik. Disamping itu siswa pun bisa mengetahui lebih jauh terkait undang-undang terkait narkoba dan pencegahan Tipikor.

“Program JMS ini merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, yang harus diterapkan secara intensif,” tegas Fauzi.

Pos terkait