Forkopimda Tala Lakukan Rakor terkait Penanganan Karhutla

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala (Forkopimda Tala) melakukan rapat koordinasi penetapan status siaga darurat penanganan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Tala yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tala H. Sukamta pada Selasa (4/8/2020) di Gedung Sarantang Saruntung Sekretariat Daerah Tala.

Dalam arahannya, Sukamta meminta tim penanggulangan karhutla dari tingkat desa hingga kecamatan agar diefektifkan semaksimal mungkin. Kendati tahun ini adalah kemarau basah yang menandakan bahwa ditengah musim kemarau masih ada hujan yang turun, namun pihaknya akan tetap melakukan antisipasi dengan melakukan penanaman di lahan yang berpotensi menimbulkan karhutla, sehingga luasan lahan yang kemungkinan terbakar semakin berkurang.

BACA JUGA:  Pemkab Tanah Laut Dukung Penuh PT. CPKA dalam Membangun PLTBg

Namun yang paling penting bagi Sukamta adalah bagaimana membangun kesadaran pada masyarakat akan kepedulian terhadap penanganan karhutla sehingga masyarakat tidak lagi membakar lahan sembarangan.

Orang nomor satu di Tala itupun mengajak semua pihak untuk mengkonsolidasikan segenap kekuatan yang ada, dengan harapan penanganan karhutla di Tala bisa lebih baik lagi.

Tak hanya masalah karhutla, Pemkab Tala juga masih fokus dalam hal penanganan Covid-19. Sukamta pun mengharapkan semua pihak untuk membangun kepekaan terhadap kelompok-kelompok yang beresiko tinggi dalam penularan Covid-19. Dirinya juga meminta kepada instansi terkait agar segera melakukan langkah-langkah pencegahan terlebih pemerintah daerah beserta jajaran forkopimda kedepannya akan dihadapkan pada penanganan karhutla.
“Segera kita lakukan langkah pencegahan sebab kedepan kita akan dihadapkan pada tugas yang berat,” ucapnya.

BACA JUGA:  Polres Tala Alami Peningkatan Dalam Ungkap Kasus

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait