Disperindagkop HSU Gelar Pelatihan Pembukuan

  • Whatsapp
H Gustafa Yandi

Wartaniaga.com, Amuntai – Dalam rangka meningkatkan daya saing perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), melalui mitra koperasi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Pelatihan Perkoperasian dan Pembukuan Sederhana UMK.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm), H. Gustafa Yandi dalam sambutannya saat membuka acara pelatihan tersebut mengatakan pentingnya peran mitra koperasi dalam pelatihan perkoperasian ini untuk meningkatkan mitra koperasi dan meukur sejauh mana kapasitas peningkatan koperasi di daerah dalam bersaing dengan lembaga lembaga lainnya.

“Misalnya koperasi simpan pinjam saat ini kalah bersaing dengan lembaga lain bahkan dengan lembaga tidak resmi seperti pinjaman online yang saat semakin masif pergerakannya,” ucapnya.

BACA JUGA:  204 CPNS di HSU  Terima SK PNS 

Ia menjelaskan di era teknologi sekarang yang semakin pesat, serta persaingan ketat, sebagai mitra koperasi harus bisa bersaing dengan lembaga lainnya dalam miningkatkan kapasitas mitra koperasi.

“Kerena kalau kita tidak lakukan, yakinlah kita akan ditinggalkan” ungkapnya.

Di samping itu ia berpesan kepada seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk penting nya paham tentang pembukuan sederhana dalam pengaturan keuangan karena untuk mengetahui seberapa jauh usaha yang dilakukan apakah meningkat atapun sebaliknya.

“Masih banyak penggiat usaha UMKM, tidak mengatahui cara melakukan pembukuan sederhana dalam mengatur menejemen keuangan yang baik dan benar,” tutur Gustafa.

Pos terkait