6 Tahap Keuangan, Cek Anda di Tahapan Mana ?

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Proses untuk memperoleh kebebasan financial ternyata harus melalui berbagai tahapan. Dikutip dari Financialku.com, menurut  pakar keuangan J.D Roth ada 6 tahapan keuangan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai kebebasan keuangan.

Tahap pertama, Solvency. Pada tahap ini seseorang masih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari seperti kewajiban-kewajiban keuangan dan kebutuhan jangka pendek. Bahkan, katanya orang yang berada di tahap ini masih berhutang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Kedua, Stablity. Di tahap ini, utang konsumtif sudah lunas, punya tabungan dana darurat, memiliki proteksi tetapi masih memiliki hutang produktif.

Tahap ketiga, seseorang yang sudah berada pada tahapan ini ia tidak lagi memiliki utang apapun baik itu produktif terlebih lagi konsumtif.  Selain itu, ia juga mulai berinvestasi serta membangun rencana keuangan.

BACA JUGA:  Strategi Cafe Bertahan di Masa Pandemi

Tahap Security adalah tahap keempat dimana seseorang yang berada di tahap ini sudah mulai memikirkan pensiun dini karena telah memperoleh penghasilan dari investasinya yang dibangun sejak ia berada pada tahap sebelumnya.

Pos terkait