Satgas Gelar Apel, Demi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Tala

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari – 1.5 juta hektar hutan dan lahan terbakar pada tahun 2019, dimana didalamnya ada kekayaan hayati, keanekaragaman flora dan fauna yang hilang karenanya. ( 15/6 )

Sebagai langkah awal mengantisipasi Karhutla di musim kemarau yang akan datang, Kabupaten Tanah Laut mengambil langkah awal dengan melaksanakan apel pengecekan pasukan dan perlengkapan Satgas Karhutla Tanah Laut yang meliputi Polres Tanah Laut, Kodim 1009/Pelaihari, BPBD, Damkar, SAR, Manggala Agni, Senkom, Satpol PP dan relawan lainnya di Lapangan Pertasi Kencana Pelaihari.

Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H mengatakan, kegiatan Apel Pengecekan Pasukan dan Perlengkapan Sarpras merupakan langkah awal untuk mempersiapkan apabila terjadi Karhutla di wilayah hukumnya.
” Alhamdulilah kita sudah siap, semoga kita bisa menanganinyaa dengan baik, cepat dan tepat apabila terjadi Karhutla ” tegas Cuncun.

BACA JUGA:  Wahid Hadir Pisah Sambut Kapolres HSU

Ditambahkannya, jauh hari sebelumnya para Bhabinkamtibmas telah mendapatkan arahan agar terus mensosialisasikan tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat di wilayah hukum yang mereka bina.
” Sebelum memasuki tahap penanggulangan, kita perlu melakukan upaya pencegahan terlebih dahulu, untuk itulah peran Bhabinkamtibmas sangat di perlukan untuk mensosialisasikannya ” ucap Cuncun.

Dalam apel tersebut juga di tandatangani maklumat bersama Forkopimda Kabupaten Tanah Laut tentang larangan membakar hutan dan lahan.
Maklumat di tandatangani oleh Bupati Tanah Laut, Sukamta, Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H, Dandim 1009/Pelaihari, Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, S.H., M.A

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait