4 Bank Nasional dapat Penempatan Dana Rp 30 triliun dari Kemenkeu

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta- Guna memulihkan ekonomi dan sektor rill yang terdampak pandemi covid -19 pemerintah akan mengucurkan dana sebesar Rp 30 triliun.

Empat Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mendapatkan kepercayaan penempatan dana itu. Hal ini sejalan dengan terbitnya aturan baru dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani berkaitan dengan bantuan likuiditas perbankan.

Sebagaimana diketahui, Kemenku telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 70/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Menkeu akan menempatkan uang negara pada bank umum dan untuk tahap ini bank milik pemerintah,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

” Tujuannya seperti bapak Presiden [Jokowi] tekankan, khusus untuk mendorong ekonomi dan sektor riil agar kembali pulih,” katanya.

BACA JUGA:  Rupiah Meradang ke Rp16.505 Karena Data Manufaktur Anjlok

Untuk itu, Kemenku telah melakukan perjanjian kerja sama dengan para CEO bank yang dimaksud dan Menteri Keuangan diwakilkan oleh dirjen perbendaharaan.

Adapun bank yang akan mendapatkan penempatan dana itu adalah Bank Mandiri Tbk, Bank BRI, Bank BTN dan Bank BNI.

Sri Mulyani mengaku telah mengirim surat kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menggunakan dana pemerintah yang ada di bank sentral dan dipindahkan kepada bank nasional tersebut.

Reporter : Mamay
Editor : Ricki

Pos terkait