Sukamta Serahkan BLT DD pada 21 KK Desa Padang Luas

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) Desa Padang Luas Kecamatan Kurau menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Laut, H. Sukamta di Kantor Desa Padang Luas. (28/5).

Sebagai pemegang amanah di Kabupaten Tala, Sukamta merasa memiliki kewajiban untuk melaksanakan instruksi Presiden RI terkait penggunaan dana desa yang diperuntukan pada penanganan Covid-19, BLT dan padat karya.

Dalam hal penanganan Covid-19 di Tala sendiri, pihaknya senantiasa memberikan dorongan semangat kepada tenaga medis, menyediakan perlengkapan serta fasilitas karantina dan melakukan pemeriksaan rapid test besar-besaran ke seluruh penjuru desa di Tala kepada mereka yang dicurigai berpotensi terpapar Covid-19.
Seiring bertambahnya warga Tala yang masuk karantina yang sudah lebih dari 160 orang.

BACA JUGA:  Hari Ini Eks Bangunan RSUD H. Boejasin Difungsikan Sebagai Karantina

” Sebagian menunggu hasil uji lab di Banjarbaru, ” terang Sukamta.

Kendati demikian, meskipun orang yang dikarantina bertambah, namun berdasarkan hasil rapid test akhir-akhir ini jumlah orang yang reaktif sudah mulai berkurang.

” Awal-awal digelarnya rapid test, memang jumlahnya selalu bertambah. Tapi saat ini angka orang yang reaktif semakin kecil, ” tutur Sukamta.

Ditambahkannya bahwa pemerintah pusat juga menginstruksikan kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk segera melaksanakan jaring pengaman sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT DD, BLT Kabupaten dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Bahkan Kabupaten Tala pun mendapat alokasi 15.125 kk untuk BST.

Sukamta menjelaskan bahwa dari BLT Kabupaten tahap pertama, ada desa-desa yang belum memasukkan datanya. Setelah diverifikasi, dari BLT Kabupaten hanya sekitar 4.200 kk. Jika dimasukkan semua, secara keseluruhan pihaknya menganggarkan sekitar 20 ribu kk untuk BLT Kabupaten.

BACA JUGA:  Asma Toga Jadi Nilai Tambah Pendapatan Keluarga

” PKH dan BPNT sudah ada datanya beberapa tahun yang lalu. Namun ada penambahan, untuk PKH dari sembilan juta kk se-Indonesia ditambah menjadi 10 juta. Untuk BPNT dari 15 juta kk menjadi 20 juta kk ” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sukamta juga menginstruksikan kepada satgas penanggulangan Covid-19 di desa Handil Birayang Atas Kecamatan Bumi Makmur agar mencatat warganya yang keluar masuk desa. Apalagi desa tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait