Sikapi Corona, Pemko Gelar ‘Pasar Wadai’ Secara Online

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Ditengah wabah virus Corona, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memutuskan untuk tetap melaksanakan program ‘Pasar Wadai’.

Pelaksanaan agenda tahunan Pemko yang ditunggu oleh ribuan masyarakat Kota Seribu Sungai itu bukan dilaksanakan secara fisik atau ceremonial, namun dengan metode penjualan online.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ihsan Al-haq mengatakan, Selain untuk menghindari kerumunan di tengah wabah Covid-19 ini, program tersebut dilaksanakan guna menyikapi  kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan sejak hari ini.

“Pasar wadai dengan basis online ini kita coba selama PSBB dan Covid-19 dulu, tapi apabila memungkinkan akan kita pertahankan untuk seterusnya,” tulisnya saat dikonfirmasi wartaniaga.com melalui pesan singkat, Jumat (24/04) siang.

BACA JUGA:  Cerita Fatmawati, Pioner Simpan Sampah Jadi Emas

Kadis yang akrab disapa Ihsan itu membeberkan saat ini sudah ada 27 pedagang yang sudah bergabung dalam program ‘Pasar Wadai’ online tersebut dengan sistem keanggotaan sukarela tanpa bayaran apapun.

“Tapi masih ada 100 lebih pedagang yang berasal dari pedagang wadai tahunan, pedagang pasar wadai pinggir jalan, pedagang pasar wadai rumah tangga sudah mendaftarkan dirinya untuk ikut dalam program tersebut yang sampai saat ini masih kita lakukan verifikasi,” ujarnya.

Lanjutnya, Bahkan banyak pedagang yang berasal dari luar kota juga ikut mendaftarkan jualan mereka untuk bisa masuk dalam ikut, namun pihaknya tidak bisa mengakomodir mereka karena terbatas dengan kebijakan PSBB.

Pos terkait