Penumpang Anjlok karena Corona, KRL Pangkas Jam Operasional

Wartaniaga.Com,Jakarta- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memangkas jam operasional layanan commuter line (KRL) menjadi 04.00 hingga 20.00 WIB pada seluruh rute, mulai Selasa (7/4). Hal itu dilakukan seiring penurunan jumlah penumpang di tengah wabah virus corona.

Direktur Utama KCI Wiwik Widayanti mengungkapkan jumlah pengguna telah berkurang lebih dari 70 persen selama dua pekan terakhir, dari sebelumnya 900 ribu hingga 1,1 juta pengguna perhari menjadi hanya sekitar 220 ribu pengguna tiap harinya.

Pengurangan terbesar terjadi pada waktu-waktu antara lain pukul 10.00 – 15.00 WIB dan setelah pukul 20.00 WIB.

“Atas dasar perubahan mobilitas pengguna tersebut, jam operasional disesuaikan menjadi 04.00 – 20.00 WIB, dengan pengurangan frekuensi kereta di luar jam sibuk,” jelas Wiwik seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (4/4).

Ia mengimbau dan meminta kerja sama seluruh pengguna KRL untuk mengikuti protokol mencegah penyebaran Covid-19 di transportasi publik dengan mengikuti pemeriksaan suhu tubuh sebelum menggunakan KRL, cuci tangan menggunakan wastafel maupun cairan pembersih tangan yang tersedia, serta menjaga jarak dengan sesama pengguna KRL lainnya.

Untuk menjaga jarak ini, perusahaan telah mengatur agar bangku panjang di dalam kereta diisi empat orang saja, sementara tempat duduk prioritas cukup diisi dua orang. Jika tempat duduk telah terisi sesuai jumlah itu, pengguna dapat berdiri dengan tetap menjaga jarak dan tidak berhadap-hadapan.

Pos terkait

banner 468x60