Pemerintah Jamin Harga Pangan Stabil Saat Darurat Corona

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Jakarta- Pemerintah memastikan stabilisasi harga 11 bahan pangan pokok aman di tengah status darurat virus corona. Keterjangkauan harga pangan pokok, monitoring stok, pasokan, dan distribusi akan rutin dilakukan. 

Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono menyebut pihaknya melakukan monitor mingguan dan harian di pasar hingga supermarket demi memastikan keterjangkauan harga di masyarakat.

“Yang paling penting ini stabilisasi harga, bagaimana menjaga harga 11 bahan pokok di masyarakat,” katanya, Kamis (26/3)

Meski tak menampik adanya lonjakan harga komoditas gula, namun Susiwijono menyatakan pemerintah telah memutuskan realisasi impor gula dan membantu distribusi gula lokal untuk menekan harga. Dia bilang, 33 ribu ton gula telah didatangkan dari Lampung dengan tambahan 20 ribu ton lainnya dari Dumai, Riau.

BACA JUGA:  Tahun 2020 Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Menurun

Lebih lanjut, ia menyebut pihaknya telah melakukan kalkulasi konsumsi nasional sepanjang Ramadhan untuk memastikan ketersediaan stok dalam negeri serta realisasi impor untuk komoditas tertentu. Dia memastikan stok 11 bahan pangan pokok selama bulan puasa dan lebaran terkendali. Untuk pasokan dan distribusi, Kementerian terkait telah melakukan koordinasi dengan pihak swasta.

Kata Susiwijono, pembahasan dengan asosiasi usaha seperti Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Himpunan Pengusaha Ritel Indonesia (Hippindo) dan asosiasi terkait lainnya

“Pasokan melibatkan sekian banyak sektor dan usaha, secara rutin kami membahas dengan asosiasi usaha, terutama retail untuk menjaga pasokan,” katanya.

Pos terkait