Kemendag Buka Keran Impor Bawang Putih 25.000 Ton

  • Whatsapp
Kemendag Buka Keran Impor Bawang Putih 25.000 Ton
L

Wartaniaga.com,Jakarta- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan telah menerbitkan izin impor bawang putih sebanyak 25 ribu ton bawang putih. Izin impor diberlakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencukupi pasokan hingga menjelang bulan puasa dan lebaran 2020.

Izin impor juga diberikan untuk menjaga pasokan bawang putih yang menurun akibat penyebaran wabah virus corona.

“Masyarakat jadi khawatir, sulit untuk ke luar rumah sehingga terjadi kepanikan dalam berbelanja bahan pokok. Namun, saya imbau agar masyarakat berhati-hati dalam mengambil sikap, termasuk untuk tidak melakukan panic buying,” kata Agus di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (4/3)

Impor Bawang Putih

Dengan kebijakan tersebut, Agus menegaskan dapat memenuhi kebutuhan dua komoditas hingga Mei 2020.

BACA JUGA:  Kementerian PPN/Bappenas Dorong Terapkan Sistem Ekonomi Sirkular

Agus mengatakan agar keran impor tersebut nantinya bermanfaat bagi masyarakat, pihaknya juga akan memperkuat regulasi dengan menetapkan harga acuan barang dan harga eceran tertinggi (HET). Aturan dikeluarkan demi mengontrol harga.

“Penguatan regulasi Kemendag, antara lain dengan mengatur harga acuan, HET, distribusi bahan pokok, dan pemantauan dan pengawasan,” jelasnya.

Agus mengklaim pihaknya telah menstabilkan harga bahan pokok dan menjaga nilai inflasi pangan dalam 3 tahun terakhir.

“Inflasi dapat terkendali di bawah 5 persen, di tengah kondisi cuaca ekstrem yang cukup mengganggu kelancaran produksi dan distribusi pangan khususnya 2019 lalu,” katanya.

L

Pos terkait