Terinfeksi Wabah Covid-19, Rupiah Ambruk di Kisaran 13.689

  • Whatsapp
Terinfeksi Wabah Covid-19, Rupiah Ambruk di Kisaran 13.689
L

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi mengalami koreksi seiring pelemahan mayoritas mata uang regional Asia.

“Dalam perdagangan Senin, rupiah kemungkinan masih akan melemah dampak dari data eksternal,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral Kelompok 20 (G20) berjanji memantau dampak wabah virus COVID-19 pada pertumbuhan global dan bertindak jika diperlukan.

Dana Moneter Internasional (IMF) dalam presentasinya memperkirakan epidemi COVID-19 akan mengikis 0,1 persen dari pertumbuhan global

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan para bankir akan mencari opsi untuk menanggapi epidemi jika diperlukan, sementara Gubernur Bank Sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda mengatakan dia siap untuk melonggarkan kebijakan jika perlu.

BACA JUGA:  Transaksi Uang Elektronik pada Juli 2022 Capai Rp 35,5 Triliun

Dalam kesempatan terpisah, Presiden China Xi Jinping yang mengatakan akan meningkatkan penyesuaian kebijakan untuk membantu meredam dampak ekonomi dari wabah COVID-19.

Virus yang berasal dari China tersebut kini telah menyebar ke hampir 30 negara dan wilayah.

Ibrahim memprediksi rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 13.689 per dolar AS hingga 13.810 per dolar AS.

Reporter/foto : Mamay
Editor : Ricky

Pos terkait