Peluang Usaha Jastip, Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gratis

  • Whatsapp
Peluang Usaha Jastip, Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gratis
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Bermula dari memiliki hobi jalan-jalan, Laily Assyifa membuka usaha jasa titip alias istilah kekiniannya yang sering disebut jastip di Banjarmasin.

Dari usahanya, perempuan asli Banjarmasin itu bisa shoping dan jalan-jalan keliling Indonesia bahkan ke luar negeri dengan gratis.

“Soalnya biaya tiket, penginapan dan biaya lainnya sudah ditanggung dari keuntungan jastip tadi,” ucapnya.

Ia menceritakan ada beragam barang yang kerap menjadi titipan oleh para costumer, dan barang tersebut harus dibeli Laily terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada pemesan.

“Kalau dalam negeri, biasanya kebanyakannya nitip barang-barang fashion yang bermerek gitu, seperti baju, rok, sepatu, tas, dompet, dan lain-lain,” jelasnya.

Usaha Jastip, Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gratis

Berbeda ketika ia membuka jastip ke luar negeri, menurut gadis alumni FEB ULM itu, pelanggannya lebih banyak minta belikan makanan khas dan merchandise dari negara tersebut.

BACA JUGA:  Dua Ikon Wisata Baru di Banjarmasin Siap Launching

“Selain itu, skincare dan berbagai macam make-up yang gak ada disini (Indonesia), terus juga brand fashion yang harganya lebih murah jika membelinya disana,” sambungnya.Peluang Usaha Jastip, Bisa Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gratis2

Untuk tarif jastipnya sendiri Laily pukul rata mamatok harga Rp30.000 per barang untuk titipan dalam negeri.

“kalau tarif jastip ke luar negeri itu tergantung dari jenis dan berat barangnya, biayanya beda-beda. Pokoknya aku sudah kasih harga bersih sampai Banjarmasin,” sebut gadis berusia 24 tahun ini.

Ia menyebut usaha yang dijalaninya itu banyak dalam bentuk ‘live shopping’, maksudnya, saat dia belanja dan menemukan barang-barang unik dia langsung menawarkan ke pengguna jasa melalui sosial media,

“Sebelum ke tokonya, biasanya sudah terlebih dahulu saya share di story Intagram. Jadi mereka yang ingin memakai jasa, tinggal stanby saja di IG. Terkadang juga live pada saat memilih barang,” paparnya

BACA JUGA:  Jika Jadi Bupati, Cuncung Jamin Kelestarian Budaya dan Kesenian di Tanbu

Dengan sistem ‘Live Shoping’ Laily mengaku, terkadang mau tidak mau harus membayarkan terlebih dahulu (menalangi) belanjaan titipan dari pelanggannya.

“Supaya tidak terjadi hal yang tidak. diinginkan, kita suruh costumer untuk membayar terlebih dahulu lewat transfer rekening, paling tidak setengah dari harga pesanan mereka,” pungkas gadis yang tinggal di Jalan Saka Permai itu.

Selama hampir 2 tahun menjalankan bisnis jastip tersebut, Laily telah bepergian ke Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Hongkong, Macau, hingga Saudi Arabia.

“Kebetulan aku punya olshop, dan aku hobi jalan-jalan, jadi sekalian aja hobi ku jadikan bisnis,” tutupnya sambil tersenyum.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Fadlan Zakiri

Pos terkait