Cetak Foto Analog Milik Kai Kodak yang Tidak Tergerus Zaman

  • Whatsapp
Cetak Foto Analog Milik Kai Kodak yang Tidak Tergerus Zaman

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Puluhan koleksi foto-foto tua berkelir hitam putih yang menunjukkan nuansa era dulu tersusun rapi di dalam sebuah gerobak milik pria tua renta warga kota Banjarmasin, ia sangat bersemangat menjalankan usaha cetak foto analognya ditengah perkembangan zaman yang kian pesat.

Memasuki usia senjanya, Ruslan, warga kelahiran Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara 77 tahun yang lalu, masih bertahan menekuni usaha cuci cetak foto hitam putih, ia tak segan meski harus bersaing dengan cetak foto digital yang kian merebah di Banjarmasin.

Usaha Cetak Foto Analog

Ruslan merupakan tukang cetak foto analog yang masih bertahan hingga saat ini, pria tua yang kerap disapa Kai Kodak ini semasa mudanya memiliki hobi memotret untuk ditujukan sebagai tambahan pemasukan dari bisnis cuci cetaknya.

BACA JUGA:  Indosat Im3 Ooredoo Latih Mahasiswa Berwirausaha

“Dulu senang memotret dengan kamera analog, kamera dobel format Yashica 635 dan medium format Yashica 124. Keduanya memakai engkol putar dengan bidang foto lebih besar dari SLR (Single Lens Reflect), paling sering memotret acara kawinan,” bebernya kepada wartawan wartaniga.com, Senin (13/1).

Pos terkait