Berdagang Barang Unik, Mahasiswi ini Raup Puluhan Juta Perbulan

Berdagang Barang Unik, Mahasiswi ini Raup Puluhan Juta Perbulan

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Berwirausaha bukan sekedar menjadi jalan memperoleh penghasilan, namun juga menjadi trend dikalangan anak muda untuk menyalurkan kreativitas dan semangat bekerja keras.

Seperti Aulia Ulfah (21), mahasiswi asal Banjarmasin pendiri Fuzia Shop yang sukses berjualan aneka barang unik dan kosmetik. Dengan gigih menjajakan barang dagangannya melalui online dan toko offline, Aulia bisa meraup omzet hingga 50 juta rupiah perbulan.

Mahasiswi Raup Puluhan Juta Perbulan

Awalnya Aulia mendirikan Fuzia Shop sejak tahun 2013 karena keinginannya memperoleh penghasilan tambahan, sekaligus melihat peluang bisnis online yang masih belum terlalu ramai pada tahun itu. Dengan dukungan orangtua dan kerabat, kini Mahasiswi Semester delapan Fakultas Hukum ULM ini telah memiliki dua toko offline.

Selain menyediakan beragam kosmetik, alat perawatan tubuh untuk wanita, Aulia juga fokus menjual aneka barang unik. Seperti hydrayer mini dan alat penjahit mini berukuran kecil yang praktis untuk dibawa berpergian, wallsticker aneka model yang dapat menyala dalam gelap, hingga kelambu dan payung yang berbentuk unik dan menarik.

Berdagang Barang Unik, Mahasiswi ini Raup Puluhan Juta Perbulan2

Saat ditanya mengapa dirinya tertarik menjual barang-barang unik, Aulia mengungkapkan bahwa jumlah pedagang yang menjual produk unik di Banjarmasin masih sedikit sehingga jumlah pesaingnya juga masih terbatas. Selain itu dengan berdagang barang unik Aulia merasa memiliki positioning khas dibanding penjual barang yang sudah banyak dipasaran.

“Kalau yang lain jual pengupas bawang model kayu atau serutan disini saya jual pengupas bawang dengan model putar yang tentunya selain unik juga memudahkan pengguna dalam hal efisiensi”, ujarnya mencontohkan.

Awalnya pada 2013 Aulia melakukan pemasaran melalui Facebook dan BlackBerry Messenger, kini agar dapat menjangkau hingga keluar Kalsel, Aulia juga bergabung di beberapa portal online shop seperti Shopee.id. Dengan bergabung sebagai penjual disana, dirinya menerima pesanan dari konsumen seluruh Indonesia. Selain itu Fauzia Shop yang dirikan berdua dengan kakaknya, kini juga telah mempekerjakan empat orang karyawan.

Dua orang karyawan untuk melayani di Fuzia Shop Banjarmasin, di Jalan S. Parman Nomor 167. Dan dua karyawan lainnya melayani di tokonya yang berada di Jalan Gubernur Syarkawi Nomor 57 Banjarbaru.

Aulia juga mengajak mahasiswa lainnya untuk dapat mulai mencari peluang untuk berbisnis apapun bentuknya sedari dini. Menurutnya rezeki setiap orang sudah diatur oleh Tuhan tinggal bagaimana memotivasi diri agar tetap stabil dalam menjalankan sebuah bisnis.

“Kalau saya sendiri, pikirkan hal positifnya, nama Fuzia sudah dibesarkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Jadi ketika merasa lelah, ingat hal tersebut menjadi bangkit dan melakukan promosi lagi.”

Aulia juga berpendapat bahwa hingga kini peluang bisnis online masih bagus karena perkembangan zaman yang semakin mudah dan serba cepat, dimana sosial media dapat digunakan sebagai media promosi. Selain itu dia meyarankan mahasiswa untuk melirik peluang menjadi dropshiper dimana tidak harus mempunyai stock barang terlebih dahulu untuk mulai berbisnis.

“Intinya jangan malu untuk bejualan, selagi itu halal dan bisa,” pungkasnya.

Reporter, Foto : Nagawati Limantara
Editor : Akbar Laksana

Pos terkait

banner 468x60