Loading...
7 views

Apa itu Emas Digital ?

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Perkembangan dunia teknologi dewasa ini sangat cepat, internet telah banyak mengubah budaya transaksi yang sebelumnya masih tradisional kini semua bisa serba online. Ternyata tidak  hanya urusan bayar membayar saja yang bisa dilakukan secara digital. Berinvestasi pun jauh lebih mudah dengan perkembangan tekologi ini, terutama investasi emas, yang nantinya disebut sebagai investasi emas online atau emas digital.

Lantas, apa itu emas digital ? Apa bedanya dengan emas yang selama ini dikenal masyarakat ? dan bagaimana keamanannya jika berinvestasi menggunakan instrumen ini ?. Wartaniaga.com mencoba mengulasnya dari berbagai sumber dan situs yang kami temukan.

Dikutip dari  situs Indogold.com,  ada beberapa  perbedaan  antara emas konvensional dengan digital, pertama transaksi  emas digital melalui online atau aplikasi yang disediakan platform.

BACA JUGA:  Cerita Amat, Beli Mobil dari Hasil Rongsokan

Kedua, jika pada emas konvensional pembelian minimal setengah gram, emas digital bisa lebih kecil lagi bisa 0,001 atau jika harga emas saat ini Rp 700.000, maka ada bisa memuali investasi emas digtal hanya dengan uang Rp 700,-.

Hanya saja, emas digital tidak dipegang oleh pembeli, artinya ketika kita beli emas digital, emas fisiknya tetap berada di perusahaan penyedia atau pedagang. Dan yang terakhir emas digital semuanya berbentuk emas batangan bukan perhiasan seperti emas konvensional pada umumnya.

Apakah aman berinvestasi emas digital ?
Aman tidaknya berinvestasi emas digital tergantung pada pilihan platform jual beli emas digital yang Anda pilih. Selagi jelas izinnya, maka anda bisa merasa aman, karena emas fisik anda benar-benar ada dan tersimpan di bawah pengawasan OJK atau bappeti. Pilihlah platform yang sudah terlihat kredibilitasnya dan legalitasnya di mata hukum.

BACA JUGA:  Bank Indonesia Kampanyekan Belanja Bijak

Apakah saldo emas saya bisa ditarik dalam bentuk emas fisik?
Bisa, hanya saja saat melakukan penarikan, anda perlu membayar biaya cetak emas atau biaya sertifikat dan pastikan saldo emas anda telah memenuhi satuan emas fisik, mulai dari 1 gram sampai 100 gram.

Loading...

Bagaimana memulai investasi emas digital?
Setelah anda telah memutuskan platform emas digital yang Anda pilih. Langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasinya di smartphone. Untuk registrasi  perlu mencantumkan nomer hp, alamat email, dan foto KTP untuk verifikasi data. Dan ketika telah terverifikasi, saatnya membeli emas, berinvestasi  dan mengumpulkannya.

Editor : Didin Ariyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *