Pijat Rifleksi Warnai Stand Rutan Pelaihari Dalam Tala Expo 2019

  • Whatsapp
pijet repleksi
L

Wartaniaga.com, Pelaihari – Keseruan tampak dari stand pameran milik Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pelaihari pada perhelatan Tala Expo 2019 di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari. ( 06/12 ).

Pasalnya, pada stand itu diramaikan dengan lantunan musik dari grup Rawana Akustik, dan Pijat Rifleksi binaan Rutan Klas IIB Pelaihari yang personilnya terdiri dari Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ). Mereka mampu membuat pengunjung berjoget bersama selain ada juga yang berpijat.

Bahkan Budi Suharto, orang nomor satu di Rutan Pelaihari tanpa segan tampak asyik turut membaur berjoget bersama para pengunjung.

Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari, Budi Suharto menyebut pada pameran Tala Expo 2019 kali ini pihak Rutan Pelaihari turut menampilkan berbagai macam hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ), seperti kerajinan pembuatan miniatur beragam rumah dan kapal, pengolahan pupuk kompos, hasil perkebunan, peternakan dan juga pijat refleksi yang cukup mendapat perhatian dari pengunjung.

BACA JUGA:  Camat Kuranji Lepas Peserta Khataman Massal Tingkat Kabupaten

Warga Padati Stand Rutan Pelaihari

Budi Suharto mengatakan mungkin selama ini masyarakat mengira ketika berada didalam Rutan, WBP hanya berada dibalik jeruji besi, padahal dibalik itu WBP juga melakukan aktivitas positif, terbukti mereka dapat membuat karya yang bernilai ekonomi tinggi.

“Selain ikut berpartisipasi memeriahkan Hari jadi ke-54 Kabupaten Tanah Laut, kita juga ingin coba menghilangkan stigma negatif yang dilekatkan kepada narapidana, buktinya mereka juga bisa menampilkan kreatifitas ” kata Budi Suharto.

Menurutnya, Produk kerajinan tangan dan keterampilan WBP didapat melalui pelatihan hasil kerjasama dengan Balai Latihan Kerja ( BLK ), Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya.

Ia melanjutkan, Selama menjadi WBP, para napi diberikan pelatihan ketrampilan, agar nantinya setelah bebas dan keluar dari Lapas, mereka dapat melanjutkan hidup secara normal dan berguna bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Ditengah Pandemi, Tanah Laut Tuai Prestasi

“Digali apa kemampuan dari WBP, dan kita berikan ruang – ruang serta bekal ilmu agar nanti setelah keluar mereka tidak mengulangi apa yang telah mereka lakukan dimasa lalu ” tambah Budi Suharto.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

L

Pos terkait